Anies Baswedan Larang Warga DKI Jakarta Pelesiran di Hari Libur Isra' Mi'raj dan Nyepi

- 8 Maret 2021, 16:24 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. /Antara.//


GALAMEDIA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang kembali aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi penularan virus corona (Covid-19) pada saat libur dan Isra Mi'raj hari raya Nyepi, 11 dan 14 Maret.

Anies mengatakan momen libur panjang kerap menjadi saat terjadinya lonjakan kasus penularan Covid-19. Karena itu, aturan pembatasan kegiatan masyarakat itu diperpanjang sampai 22 Maret mendatang.

"Menghadapi libur panjang hari keagamaan Isra' Mi'raj dan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada pertengahan bulan ini, Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga 22 Maret 2021," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Senin, 8 Maret 2021.

Baca Juga: Kebenaran Terungkap! Meghan Markle Bantah Buat Kate Middleton Menangis, Meghan: Yang Terjadi Malah Sebaliknya

Keputusan tersebut tertuang dalam Kepgub nomor 213 tahun 2021 terkait Perpanjangan Pemberlakuan Jangka Waktu dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah.

Selama masa PPKM, Anies mengimbau seluruh warga untuk tetap berada di rumah serta menahan diri untuk berpergian keluar kota terutama saat libur panjang akhir pekan.

"Dari pertengahan minggu ini hingga akhir pekan, kita ada libur panjang perayaan keagamaan, yakni Isra' Mi'raj dan Nyepi. Sebaiknya, kita semua jangan bepergian keluar kota, tahan diri untuk tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian," jelasnya.

Baca Juga: Hidayat Nur Wahid: Ada Dua Peristiwa Langgar AD/ART di Demokrat dan KNPI, Pemerintah Harus Hadir Demi NKRI

Lonjakan kasus saat momen libur panjang sudah terjadi sebelumnya. Penularan Covid-19 meningkat karena banyaknya warga yang bepergian di dalam maupun luar kota.

"Sebisanya di rumah saja bila tidak ada keperluan esensial. Ini penting untuk menjaga kasus aktif tidak terus bertambah," tuturnya.

Anies pun mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak), sementara pihaknya tetap akan meningkatkan kemampuan testing, tracing dan juga treatment (3T).

Baca Juga: Usai Labrak Kaesang Membabi Buta, Ibunda Felicia Tissue: Saya Bukan Nyerang Pak Jokowi sebagai Presiden

"Kami di DKI terus berupaya konsisten menggalang koordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan ketersediaan kapasitas tempat ICU dan tempat isolasi terkendali, yang di dalam ini hotel maupun wisma atlit," tandasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x