Innalillahi, Gempa Bumi Dahsyat 8,6 SR Terjang Alaska pada 9 Maret 1957

- 9 Maret 2021, 08:19 WIB
Ilustrasi gelombang tinggi
Ilustrasi gelombang tinggi /Free-Photos dari Pixabay.

GALAMEDIA - Gempa Bumi dengan kekuatan 8,6 SR melanda Kepulauan Andreanof, Alaska, Amerika Utara pada tanggal 9 Maret 1957 lalu.

Gempa yang sangat dahsyat tersebut terjadi di sepanjang Palung Aleut, batas lempeng konvergen yang memisahkan Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara di dekat Alaska.

Akibatnya, dari gempa tersebut memunculkan tsunami yang cukup besar dengan efek yang terasa di Alaska dan Hawaii.

Di Alaska, gempa bumi ini menyebabkan kerusakan parah pada jalan dan bangunan di Pulau Adak, tetapi tidak ada korban jiwa. Dua jembatan dan beberapa bangunan terkait minyak dan bahan bakar di dermaga juga hancur di sana.

Baca Juga: Putus Cinta, Angga Yunanda dan Syifa Hadju Malah Sukses Membawa Penontonya Baper

Selain itu di Pulau Umnak, mixer beton dan beberapa dermaga hilang. Peringatan segera dari Sistem Peringatan Gelombang Laut Seismik dikreditkan dengan mencegah kerusakan yang lebih besar atau hilangnya nyawa.

Sementara itu di Hawaii, kerusakan jauh lebih parah, termasuk dua kematian tidak langsung yang terjadi ketika seorang pilot dan fotografer tewas ketika mencoba mendokumentasikan kedatangan tsunami dari pesawat.

Ketinggian gelombang mencapai 16 meter. Sebagai perbandingan, efeknya dianggap sekitar dua kali lebih kuat dari gempa bumi Kepulauan Aleutian 1946 dan tsunami yang diakibatkannya.

Baca Juga: Polemik Kerumunan KLB Demokrat, Jhoni Allen dan Darmizal Dipolisikan, Ferdinand: Maskermu Betulin Dulu!

Sekitar 50 rumah terendam banjir di pantai utara Oahu dan dampak signifikan terlihat di Teluk Waialua. Bangunan dan jembatan juga terpengaruh di Haleiwa.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x