Rupiah Kian Tertekan (Terkoreksi) Dibayangi Kenaikan Imbai Hasil Obligasi AS

- 9 Maret 2021, 12:28 WIB
Ramalan zodiak 9 Maret 2021 memprediksi keuangan, cinta, karir dan kesehatan Gemini, Libra serta Aquarius.
Ramalan zodiak 9 Maret 2021 memprediksi keuangan, cinta, karir dan kesehatan Gemini, Libra serta Aquarius. /Bocimiupdate.com/Pikiran Rakyat

GALAMEDIA - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa 9 Maret 2021 masih terkoreksi (tertekan) dibayangi kenaikan imbal hasil (yield) obligasi AS.

Pada pukul 10.18 WIB rupiah melemah 73 poin atau 0,5 persen ke posisi Rp14.433 per dolar AS dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.360 per dolar AS.

"Dolar AS masih berpeluang menguat di awal sesi Selasa bila melanjutkan sentimen beli dolar AS yang ditopang naiknya tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS," tulis Tim Riset Monex Investindo Futures dalam kajiannya di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Rose BLACKPINK Pecahkan Rekor Solois K-Pop Wanita Dengan Pre-Order Album Debut Solonya

Telah disetujuinya stimulus fiskal pemerintah AS sebesar 1,9 triliun dolar AS oleh Senat AS di akhir pekan lalu dan janji Gubernur Federal Reserve (Fed) Jerome Powell untuk mempertahankan stimulus moneter untuk menopang pemulihan ekonomi AS, telah menopang kembali naiknya tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS.

Dolar AS naik ke level tertinggi dalam 3,5 bulan pada Senin (8/3) kemarin karena meningkatnya tingkat imbal hasil obligasi AS yang membuat takut investor dan meningkatkan permintaan terhadap aset safe haven dolar AS.

Baca Juga: Borussia Dortmund vs Sevilla: Die Borussen di Atas Angin, Los Palanganas Kesakitan

Setelah turun sekitar 4 persen pada kuartal terakhir 2020, dolar AS telah menguat hampir 2,5 persen pada tahun ini hingga hari ini karena investor memperkirakan kenaikan secara luas dalam tingkat imbal hasil obligasi AS yang dapat membebani penilaian ekuitas dan meningkatkan permintaan untuk mata uang AS.

 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x