Umat Kristen Boleh Gunakan Kata 'Allah', Pengadilan Tinggi Nyatakan Pemerintah Malaysia Keliru

- 10 Maret 2021, 20:54 WIB
Ilustrasi. Masyarakat non-Muslim di Malaysia diperbolehkan menggunakan kata 'Allah'.
Ilustrasi. Masyarakat non-Muslim di Malaysia diperbolehkan menggunakan kata 'Allah'. /Unsplash / Positive Moslem Attitude/

GALAMEDIA - Penggunaan kata 'Allah' tak lagi terlarang bagi warga non-Muslim. Bahkan kata-kata lainnya seperti Baitullah, Kabah dan Salat juga boleh diucapkan umat Kristen.

Hal itu menjadi keputusan Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur, yang mengizinkan penggunaan kata-kata tersebut di seluruh negara bagian bagi umat Kristen dalam publikasi pendidikan agama.

Keputusan tersebut disampaikan oleh hakim Nor Bee Ariffin di Kuala Lumpur, Rabu, 10 Maret 2021.

Baca Juga: Steven Gerrard Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool?

Penggunaan kata-kata tersebut harus disertai dengan penafian (disclaimer) "hanya untuk orang Kristen" dan simbol salib di sampul depan buku.

Pengadilan memutuskan bahwa pemerintah Malaysia telah keliru dalam mengeluarkan larangan penggunaan kata 'Allah' pada 1986 bagi non-Muslim.

Pengadilan yang sama memutuskan bahwa seorang wanita Kristen Melanau berhak menggunakan kata 'Allah' untuk tujuan keagamaan dan pendidikan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kamis 11 Maret 2021, BMKG: 18 Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Dilansir Antara, Ariffin membuat keputusan setelah mengizinkan pernyataan yang dibuat oleh seorang wanita Melanau dari Sarawak, Jill Ireland Lawrence Bill bahwa hak konstitusionalnya untuk menjalankan agamanya dibatasi oleh pembatasan atau larangan impor materi pendidikan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x