Pesawat Susi Air Disandera Puluhan Anggota OPM di Papua, Pilot: Dua Orang Bawa Laras Panjang

- 13 Maret 2021, 20:50 WIB
Pesawat Susi Air yang disandera dan diancam anggota KKB.
Pesawat Susi Air yang disandera dan diancam anggota KKB. /PMJ News/TNI



GALAMEDIA - Pesawat maskapai penerbangan Susi Air milik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti disandera puluhan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KBB) Papua atau biasa disebut OPM (Organisasi Papua Merdeka).

Pesawat berjenis Pilatus dengan nomor PC-6 S1-9364 PK BVY itu disandera di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe, Kabupaten Puncak, Papua.

Pilot pesawat, Capt. Ian John Terrence Hellyer warga negara Selandia Baru mengungkapkan, dirinya dan tiga penumpang warga Papua sempat disandera oleh sekitar 30 orang KKB selama 2 jam di Lapangan Terbang Wangbe, Kabupaten Puncak, sekitar pukul 06.20 WIT.

Ketiga warga asli Papua adalah Ricky Dolame, Arikala Dolame dan Arike Wandikbo.

Baca Juga: Bandel Tak Mau Pake Celana Dalam di Pesawat, Penumpang Perempuan Diselotip di Kursi Sepanjang Penerbangan
 
"Dua diantara puluhan KKB membawa senjata laras panjang. Beruntung selama disandera 2 jam, pilot dan tiga penumpang tidak mengalami tindak kekerasan, walaupun merasa khawatir akan keselamatannya, karena sempat ditodong senjata,” ujar Ian, Sabtu 13 Maret 2021.

Disebutkan, KKB sempat mengancam agar pesawat maskapai Susi Air dilarang membawa penumpang aparat TNI/Polri.

Selain itu, mereka pun menyampaikan kekecewaannya dengan Kepala Kampung karena tidak memberikan dana desa.

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa membenarkan kejadian tersebut.

Baca Juga: Partai Demokrat Moeldoko Digugat Kubu AHY ke Pengadilan, Razman: Kita Hadapi, Biar Kita Adu

"Kami telah mendapat laporan informasi adanya penyanderaan pesawat selama 2 jam di Lapangan Terbang Wangbe, Kabupaten Puncak,” ucapnya.

Disebutkan, penyanderaan berakhir setelah negosiasi antara penumpang dengan pihak KKB dan sekitar pukul 08.36 WIT Pesawat Susi Air PK BVY take off menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika dan mendarat dengan aman.

"Meskipun tidak terjadi korban, namun kejadian ini menunjukkan aksi teror KKB di wilayah Papua, termasuk teror terhadap aktivitas penerbangan sipil. Dan kami selalu berkoordinasi erat dengan pihak Kepolisian,” katanya.

Baca Juga: Kapolri Tambah Kuota Calon Perwira Orang Asli Papua

Pihak KKB melalui juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom membenarkan penyanderaan pesawat Susi Air itu dilakukan kelompoknya.

“Ya, kami terima laporan singkat tentang hal itu oleh pejuang di wilayah Puncak. Tapi perlu konfirmasi dari Pimpinan TPNPB di wilayah itu,” jelasnya.

Seperti diketahui, lapangan terbang Wangbe berada di Kabupaten Puncak berjarak 43 kilometer dari Sinak atau 48 kilometer dari Sugapa, dan belum terdapat jaringan telepon serta internet.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x