Sistem Draenase Buruk Mangkubumi Tasikmalaya Kerap Dilanda Banjir

- 14 Maret 2021, 19:22 WIB
Banjir kerap terjadi di wilayah Mangkubumi Kota Tasikmalaya, akibat sistem draense yang buruk.
Banjir kerap terjadi di wilayah Mangkubumi Kota Tasikmalaya, akibat sistem draense yang buruk. /Septian Danardi

GALAMEDIA - Warga Mangkubumi Kota Tasikmalaya sudah kesal dengan kerap terjadinya banjir akibat sistem draenase yang buruk. Kondisi ini diperparah jika terjadi hujan deras dengan durasi waktu yang lama.

Salah seorang warga Ade (37) warga Kampung Gunung Kondang, RT 02 RW 07, Kelurahan Mangkubumi menyebutkan, hujan deras yang terus menerus ditambah berlangsung lama mengakibatkan banjir.

Banjir yang menutup jalan hingga genangan air sampai untuk wilayah depan SPBU Mangkubumi. Kondisi ininsering terjadi dan menimbulkan kemacetan yang cukup panjang.

"Dikarenakan tingginya air yang meluap menggenangi jalan cukup tinggi, sehingga kendaraan tidak bisa melintas selama beberapa jam. Teritama genangan di depan pom Mangkubumi," katanya, Minggu 14 Maret 2021.

Baca Juga: Moeldoko Diduga Akan Maju Pada Pilpres 2024, Said Salim: Orang Ini Maunya Apa?  

Salah satu mahasiswa yang juga tokoh pemuda Asep Kustiana memgungkapkan, seringnya kejadian banjir yang terjadi di Kota Tasikmalaya, termasuk wiwlayah Mangkubumi di setiap turun hujan deras, diakibatkan oleh sistem drainase yang kurang dalam fungsinya.

Sehingga ketika hujan yang berlangsung cukup lama air meluap yang menutup akses jalan. Selain menimbulkan genangan meski hujan sudah reda.

Oleh karna itu, kata Asep yang merupakan Ketua II PMII Kota Tasikmalaya ini, instansi terkait harus bisa membenahi sistem drainase. Supaya jika terjadi curah hujan yang cukup tinggi dan berlangsung lama tidak menimbulkan banjir yang merugikan masyarakat

"Terlebih penumpukan sedimentasi juga menjadi salah satu yang menyebabkan sistem drainase menurun. Sehingga ruang pengaliran air menjadi sempit dan meluap ke jalan," katanya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x