Husin Alwi Shihab Serang HRS, Pakar Ilmu Sosial UI: Itu Cara yang Repetitif

- 17 Maret 2021, 19:07 WIB
Ribuan massa pendukung menyambut Habib Rizieq Shihab saat pulang dari Arab Saudi pada 10 Januari 2021 lalu.
Ribuan massa pendukung menyambut Habib Rizieq Shihab saat pulang dari Arab Saudi pada 10 Januari 2021 lalu. /Pikiran Rakyat/Denpasar Update

GALAMEDIA – Anak buah Muannas Alaidid, Husin Alwi Shihab mengomentari tindakan walk out (WO) yang dilakukan eks Ketua Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab (HRS) pada sidang perdananya.

Menurut Husin Alwi, langkah itu merupakan tindakan yang tidak memiliki itikad baik dan tidak kooperatif kepada aparat penegak hukum.

Selain tindakan WO, tindakan tidak kooperatif tersebut juga pernah dilakukan HRS ketika dirinya mangkir dari pemanggilan pertama pihak kepolisian.

Baca Juga: Buruan Daftar! Unpad Buka Seleksi Masuk Jalur Prestasi, Simak Syarat dan Prosedur Lengkapnya

Akibat tindakan tersebut, 6 laskar FPI pun tewas ditembak oleh oknum anggota kepolisian di KM 50 dan kasus ini pun baru dilakukan pemeriksaan.

Oleh karena itu, Husin meminta kepada HRS untuk bertindak lebih kooperatif kepada aparat penegak hukum agar hal semacam itu tidak terulang lagi di masa yang akan datang.

Baca Juga: Ungkap Kader PDIP Merokok di Pesawat, ProDEM: Partainya Wong Cilik, Wakil Rakyatnya Wong Gedongan

“Sejak sebelum jadi tersangka pihaknya uda enggak punya itikad baik. Dari pemanggilan pertama kita minta HRS kooperatif untuk menghormati institusi kepolisian. Eh, malah kabur akhirnya kejadian KM 50. Baru setelah ada korban mau diperiksa. Coba koperatif gak bakal begini endingnya,” tulis Husin Alwi Shihab yang dikutip Galamedia dari akun Twitter pribadinya, @HusinShihab, 17 Maret 2021.

Senada dengan Husin, Pakar Ilmu Sosial Universitas Indonesia (UI) Dedek Prayudi menyebut bahwa tindakan yang dilakukan HRS merupakan cara yang repetitif.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x