WHO: Peternakan Satwa Liar Jadi Sumber Dari Mana Asal Covid-19

- 18 Maret 2021, 10:40 WIB
Ilustrasi Covid-19
Ilustrasi Covid-19 /Pixbay/geralt

GALAMEDIA - Setelah penyelidikan selama berbulan-bulan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan bahwa peternakan satwa liar di China kemungkinan menjadi sumber pandemi Covid-19.

Dilansir Galamedia dari Live Science pada Kamis, 18 Maret 2021, peternakan satwa liar tersebut berasal dari provinsi Yunnan, China Selatan.

"Peternakan satwa liar ini, banyak di antaranya sekitar provinsi Yunnan di China selatan, kemungkinan besar memasok hewan ke pedagang di Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan, tempat kasus awal Covid-19 ditemukan tahun lalu," kata Peter Daszak, seorang ahli ekologi penyakit asal Inggris pada tim WHO yang melakukan perjalanan ke China, kepada NPR.

Baca Juga: Aktris Baru YG Entertainment Pemeran Nagini dalam Fantastic Beasts, Simak Profil Claudia Kim

Baca Juga: Anies Baswedan Klaim Berhasil Turunkan 26 Persen Emisi Gas Rumah Kaca

Menurutnya, beberapa dari hewan liar tersebut bisa saja tertular SARS-CoV-2 dari kelelawar di daerah tersebut.

WHO juga diperkirakan akan merilis temuannya dalam laporan dalam beberapa minggu mendatang.

Pada bulan Januari, tim ahli WHO melakukan perjalanan ke China untuk menyelidiki bagaimana pandemi mematikan, yang sekarang telah menginfeksi lebih dari 120 juta orang dan menewaskan 2,6 juta di seluruh dunia (berdasarkan data Live Science).

Banyak teori konspirasi telah menyebar tentang asal-usul virus, termasuk bahwa virus itu lolos dari laboratorium Wuhan. Namun, pada bulan lalu, penyelidik WHO menepis penjelasan itu.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x