Bandara Husein Sastranegara jadi Bandara Pertama yang Menyediakan Layanan GeNose C19

- 18 Maret 2021, 19:30 WIB
PEGAWAI mengunakan APD lengkap saat melayani calon penumpang di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (17/9/2020). Penerapan protokol covid-19 terus diperketat di bandara tersebut guna mencegah penyebaran virus yang setiap hari angkanya terus bertambah./ARIF Hidayah/PR
PEGAWAI mengunakan APD lengkap saat melayani calon penumpang di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (17/9/2020). Penerapan protokol covid-19 terus diperketat di bandara tersebut guna mencegah penyebaran virus yang setiap hari angkanya terus bertambah./ARIF Hidayah/PR /

GALAMEDIA - Bandara Husein Sastranegara Bandung menjadi bandara pertama yang menyediakan layanan GeNose C19. Penyediaan tes Covid-19 tersebut dilakukan secara bertahap di empat bandara di Indonesia.

"Pada 1 April kita akan mulai di sektor udara. Dan kita lakukan bertahap, pertama kali kita lakukan di empat bandara," ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rapat Kerja bersama Komisi V DPR, Selasa, 16 Maret 2021.

Baca Juga: Waduh! Andi Arief Bongkar Tiga Gejala 'Jokowi 3 Periode', Apa Saja ya?

Menurutnya penggunaan GeNose C19 di sektor transportasi udara, akan dimulai bertahap di empat bandara. Di antaranya Bandara Kualanamu Medan, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, R Iwan Winaya Mahdar menuturkan, persiapan pelaksanaan percobaan penggunaan alat GeNose C19 di Bandara Husein Sastranegara sudah dimulai dengan melakukan rapat koordinasi dengan PT Angkasa Pura Solusi (APS) sebagai penyedia layanan Alat GeNose C19.

"Rapat Persiapan dan Percobaan Penggunaan Peralatan GeNose C19 di Bandara Angkasa Pura II sudah dilaksanakan pada Rabu (17/3) lalu, dengan PT Angkasa Pura Solusi (APS), Bandara Kualanamu Medan dan Bandara Husein Sastranegara tentunya," terangnya.

Baca Juga: Cara Militer Ini Ampuh Atasi Susah Tidur di Malam Hari, Cuma Butuh Waktu 10 Detik

Dikatakannya pelaksanaan percobaan di Bandara Husein Sastranegara, rencananya menggunakan 4 unit alat Genose C19 dan akan dilakukan selama 5 hari dengan kuota 100 orang perhari. Terhitung mulai tanggal 22 April 2021dan hasil pemeriksaan GeNose C19 hanya untuk diberikan secara digital.

"Akan dilakukan sosialisasi yang isinya memuat tentang adanya Layanan GeNose C19 di Bandara Husein Sastranegara, prosedur pemesanan dan syarat pemeriksaan menggunakan GeNose C19 untuk meminimalisir adanya antrian di bandara," tuturnya.

Baca Juga: Aprilia Manganang Diberi Nama Baru oleh Istri KSAD Andika Perkasa

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x