PON XX Papua 2021 Akan Digelar Oktober, Ketahui Cabor, Maskot, dan Keindahan Stadion Lukas Enembe

- 19 Maret 2021, 09:27 WIB
 Stadion Utama Lukas Enembe Papua, Berdiri Megah di Jayapura /Antarafoto
Stadion Utama Lukas Enembe Papua, Berdiri Megah di Jayapura /Antarafoto /

GALAMEDIA - Setelah tertunda karena pandemi, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua dijadwalkan akan digelar 2-15 Oktober 2021.

Keputusan itu diketok dalam rapat terbatas (ratas) Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Kantor Kepresidenan, Kompleks Istana, Senin 15 Maret 2021 lalu.

Dilansir Galamedia dari indonesia.go.id pada Jumat 19 Maret 2021, PON XX akan dipusatkan di Stadion Lukas Enembe, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Lokasinya ada tepi lintasan jalan antara Bandara Sentani dan Kota Jayapura.

Baca Juga: Kasus Penembakan Orang Asia di Amerika Serikat, Siwon Super Junior: Masalah Ini Perlu Ditangani Sekarang!

Jaraknya hanya 9 km dari bandara dan 15 km dari pusat Kota Jayapura. Kompleks stadion itu selesai dibangun 2019 di atas lahan seluas 14 hektar. Hal ini dipersiapkan untuk PON XX.

Semula kompleks stadion modern itu dinamai Papua Bangkit. Namun, atas permintaan tokoh-tokoh adat Papua, nama Gubernur Lukas Enembe, yang merupakan tokoh politik sekaligus tetua adat, disematkan sebagai nama stadion itu.

Lingkungan stadion itu memiliki panorama indah, dengan latar Pegunungan Cycloop di utara dan Danau Sentani di selatan. Tak heran bila stadion itu disebut-sebut sebagai stadion terindah di Indonesia.

Baca Juga: Reaksi Ridwan Kamil hingga Teddy Gusnaidi Terkait Indonesia yang Dipaksa Walk Out dari All England 2021

Acara pembukaan dan penutupan PON XX akan dihelat di Stadion Lukas Enembe ini. Seluruh acara dikemas dalam tagline "Torang Bisa". Ungkapan yang sekaligus sebagai bentuk kata penyemangat khas Papua.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x