Elektabilitas PDIP Jeblok, Demokrat Naik Dekati Golkar, AHY Ikut Naik, Hasil Survei CPCS

- 23 Maret 2021, 07:30 WIB
Logo Demokrat.
Logo Demokrat. /Situs Resmi Partai Demokrat

 

GALAMEDIA – Kembali muncul berbagai lembaga survei yang merilis hasil soal elektabilitas partai politik. Survei dari Center for Political Communication Studies (CPCS) memperlihatkan elektabilitas PDIP menurun, sedangkan Partai Demokrat naik.

Direktur Eksekutif CPCS, Tri Okta SK mengatakan dalam empat bulan sebelumnya elektabilitas beberapa partai ada yang naik dan turun.

“Elektabilitas PDIP jeblok, sebaliknya Demokrat yang melesat, begitu pula dengan PKS dan PSI elektabilitasnya bergerak naik dalam 4 bulan terakhir,” katanya di Jakarta, kutip Antara, Senin 22 Maret 2021.

Baca Juga: Survei CPCS: Meski Pertumbuhan Ekonomi Negatif , 70,7 Persen Kinerja Jokowi-Ma’ruf Memuaskan Masyarakat

Hasil survei yang dilakukan pada 5-15 Maret 2021 terhadap 1.200 responden menunjukan elektabilitas PDIP mencapai 23,9 persen.

Besaran angka tersebut menurun drastis lebih dari enam persen dibanding elektabilitas PDIP pada 2020, namun masih di urutan pertama.

“Elektabilitas PDIP menurun dibandingkan survei sebelumnya yang mencapai 30,4 persen pada bulan November 2020,” ujar Okta.

Kemudian, Partai Demokrat sendiri yang saat ini dipimpin AHY dan Moeldoko kubu KLB, mempunyai elektabilitas sebesar 7,3 persen. Angka tersebut meningkat tajam dari hasil survei CPCS sebelumnya yang menunjukan elektabilitas sebesar 3,5 persen.

Baca Juga: Geram dengan Sindiran Gus Nadir ke Jokowi, Teddy Gusnaidi: Keliru, Kekuasaan Dianggap Hal Negatif

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x