Disebut Biang Keruntuhan Manusia, Kaum Hawa Negeri Bollywood Ramai-ramai Kenakan Jeans Robek

- 23 Maret 2021, 11:09 WIB
/

GALAMEDIA - Kaum Hawa di India mendadak ramai-ramai mengenakan jins robek-robek awal pekan ini.

Bukan sekadar fesyen, mereka melakukannya sebagai bentuk protes dan kecaman pada seorang politisi top yang menyebut jins robek sebagai salah satu pemicu ‘runtuhnya peradaban’ manusia.

Menanggapi ini ribuan netizen memosting koleksi jins robek mereka dengan   tagar #RippedJeansTwitter.

Baca Juga: 10 Kota Tertua di Indonesia, Nomer 7 Tak Disangka-sangka

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Selasa (23 Maret 2021) gelombang kemarahan diarahkan pada Tirath Singh Rawat yang melontarkan pernyataan kontroversialnya pada sebuah lokakarya.

Berbicara pada lokakarya tentang perlindungan hak-hak anak awal pekan ini, menteri utama negara bagian Uttarakhand yang baru dilantik itu mengkritik seorang wanita yang tidak disebutkan namanya yang dia temui dalam penerbangan.

Rawat mengatakan wanita tadi  bepergian bersama dua anaknya dengan outfit berupa sepatu bot, jins dengan robekan di lutut plus gelang-gelang.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 23 Maret 2021: Dibenci Mama Rosa, Al dan Andin Putuskan Angkat Kaki dari Rumah

“Kita tentu bisa menjalankan aktivitas LSM, memakai jins sobek, bergerak di masyarakat bersama anak-anak, tapi nilai seperti apa yang Anda ajarkan?”  tanyanya.

Rawat, anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) yang merupakan pendukung haluan nasionalis Hindu di bawah Perdana Menteri Narendra Modi, mengkritik para orangtua yang mengizinkan anak-anak mereka  terutama anak perempuan  mengenakan jins robe-robek.

Ia menyebut style semacam itu membuka jalan bagi ‘kerusakan nilai-nilai  sosial’ selain contoh buruk yang diberikan orangtua.

Baca Juga: Pihak AstraZeneca Buka Suara, Nyatakan Vaksin Tidak Mengandung Produk Turunan Babi



Rawat  juga mengklaim sementara orang-orang di luar negeri melindungi tubuh mereka dengan pantas dan melakukan yoga, warga India justru ‘berlari’ menuju gaya hidup nudis dan mengenakan jins robek.

Komentar Rawat menuai kemarahan dan cemoohan di media sosial dari kaum perempuan, aktivis dan politisi oposisi. Partai oposisi Kongres bahkan menuntut Rawat meminta maaf atau mengundurkan diri.

Jaya Bachchan, anggota majelis tinggi Parlemen India mengatakan Rawat  menunjukkan contoh pola pikir yang mendorong kejahatan terhadap perempuan.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Apresiasi Pusat Vaksin di SPOrT Jabar

Menolak didikte apalagi diawasi oleh politisi, netizen memenuhi timeline dengan selfie jins robek bahkan celana pendek.

“Pemerkosaan tidak terjadi karena perempuan memakai baju pendek tapi karena laki-laki seperti Tirath Singh Rawat menyebarkan pesan kebencian pada perempuan dan gagal melakukan tugasnya sebagai politisi,” tulis Swati Malwal, ketua Komisi Wanita Delhi di akun Twitter miliknya dengan foto dirinya bercelana pendek.

Politisi partai Kongres, Radhika Khera juga memosting selfie dengan outfit sama.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x