DPR Minta KH Syaikhona Kholil Diberi Gelar Pahlawan Nasional pada 10 November 2021

- 23 Maret 2021, 12:39 WIB
Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan.
Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan. /dok pribadi

GALAMEDIA - Dukungan agar KH Syaikhona Kholil Bangkalan Madura dinobatkan sebagai pahlawan Nasional terus disuarakan sejumlah tokoh.

DPR RI hingga Gubernur Jabar Ridwan Kamil menilai pejuang kemerdekaan itu sangat layak menyandang gelar tersebut karena jasa-jasanya.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menjelaskan, figur KH Syaikhona Kholil layak mendapat gelar pahlawan Nasional.

Baca Juga: Kecewa dengan Rizal Ramli, Dosen IISIP Jakarta Bela Kubu AHY dengan Sentil Partai Ini

Di mata Farhan, KH Syaikhona Kholil memiliki kontribusi besar dalam pergerakan merebut kemerdekaan dari penjajah dengan cara yang tak lazim di zamannya.

"Beliau berhasil menemukan cara komunikasi dan diplomasi yang mampu meyakinkan. Tidak hanya warga bangsa sendiri, tetapi juga meyakinkan administrasi pemerintahan Hindia Belanda sehingga pergerakan Nasionalisme Indonesia tidak diberangus dengan masif," tutur Farhan.

"Ditargetkan mendapat gelar Pahlawan Nasional ditetapkan pada Hari Pahlawan 10 November 2021," lanjut dia dalam keterangan persnya, Selasa, 23 Maret 2021.

Baca Juga: Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia Resmi Dirilis, Saatnya Pindahan ke Skandinavia

Farhan menjelaskan, bangsa Indonesia yang pada saat itu berada dalam kondisi disudutkan dan didiktekan bangsa Eropa, mendapat perhatian dari para Kiai. Mereka pun akhirnya memikul tugas berat itu.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X