Demi Usung Kader di Pilpres 2024, Partai Ini Ngaku Baru Tolak Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil

- 23 Maret 2021, 23:01 WIB
Dari kiri, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil dalam sebuah acara
Dari kiri, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil dalam sebuah acara /kartika mahayadnya/nawacita.co



GALAMEDIA - Tiga gubernur yang memiliki elektabilitas tinggi di Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil ditolak mentah-mentah oleh Partai Golkar.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia menyebutkan penolakan itu lantaran Partai Golkar sudah memiliki calon sendiri untuk diusung di pemilihan presiden pada 2024 mendatang.

Soal alasan penolakan ketiga gubernur tersebut, ia menyatakan, Golkar ingin mengusung calon dari kader internal sendiri.

Disebutkan, para kader Golkar telah sepakat mengusung ketua umum mereka yakni Airlangga Hartarto sebagai Capres di 2024 nanti.

Baca Juga: Dewa Kipas Kalah saat Melawan GM Irene Sukandar, Sujiwo Tejo: Andai Dewa Kipas Boleh...

“Ya kan sekarang kan kami punya calon atau kader sendiri, pimpinan sendiri gitu. Tentu itu akan menjadi prioritas kami untuk mempertimbangkan secara resmi untuk dicalonkan sebagai capres,” ujar Ahmad Doli, Selasa, 23 Maret 2021.

Diungkapkannya, kemunculan nama Airlangga berasal dari aspirasi seluruh kader Partai Golkar Meski hingga saat ini Airlangga belum memberi jawaban kesiapannya untuk dicalonkan partai yang dipimpinnya tersebut.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto.


Menurutnya, itu bisa dimaklumi karena Airlangga masih fokus menjadi Menteri Koordinator Perekonomian dan mengemban tugas menangani dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Habib Rizieq Curhat ke Hakim: Organisasi Dibubarkan, ATM Keluarga Dibekukan, Pengawal Saya Dibunuh!

“Iya, itu kan baru aspirasi yang disampaikan. Tapi Pak Airlangga belum jawab. Kemudian kami juga belum memutuskan secara resmi apakah memang itu sudah jadi keputusan karena Pak Airlangga nya belum jawab, belum menyatakan bersedia gitu,” tuturnya.

Sebelumnya Lembaga Indikator Politik Indonesia melakukan survei di kalangan milenial dimana dalam survei itu tercantum 17 nama calon presiden.

Berdasarkan hasil survei tersebut, ada tiga tokoh yang paling tinggi elektabilitasnya di kalangan anak muda yakni Anies Baswedan (15,2 persen), Ganjar Pranowo (13,7 persen), dan Ridwan kamil (10,2 persen).

Baca Juga: DPR RI Ngamuk ke BPOM Gara-gara Pengembangan Vaksin Nusantara Terhenti

Selanjutnya, Sandiaga Uno (9,8 persen), Prabowo Subianto (9,5 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (4,1 persen), Erick Thohir (1,5 persen), Tito Karnavian (1,2 persen), Puan Maharani (1,1 persen).***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x