Sebut KKB OPM Musuh Bersama, Badan Intelijen Negara: Harus Ditindak Tegas

- 23 Maret 2021, 23:22 WIB
Anggota KKB
Anggota KKB /

GALAMEDIA - Badan Intelijen Negara (BIN) menyebutkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) alias Organisasi Papua Merdeka (OPM) sejajar dengan organisasi terorisme.

Sehubungan itu, BIN menyatakan organisasi tersebut merupakan musuh bersama sehingga harus ditindak dengan tegas.

"KKB pada dasarnya sejajar dengan organisasi teroris yang menjadi musuh bersama dan harus ditindak tegas," kata Deputi VII BIN Wawan Purwanto, Selasa, 23 Maret 2021.

Baca Juga: Demi Usung Kader di Pilpres 2024, Partai Ini Ngaku Baru Tolak Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil

Dikatakan, seluruh pihak semestinya mengkategorikan KKB alias OPM dalam tindak pidana terorisme.

Terlebih, sejauh ini sepak terjang KKB tergolong aksi terorisme.

"Hal tersebut tentunya tidak lepas dari fakta-fakta mengenai sepak terjang yang telah dilakukan oleh KKB selama ini," ujarnya.

Ia pun menjelaskan, terorisme merupakan tindakan menggunakan kekerasan yang menimbulkan rasa takut secara meluas hingga jatuhnya korban jiwa secara massal.

Baca Juga: Habib Rizieq Curhat ke Hakim: Organisasi Dibubarkan, ATM Keluarga Dibekukan, Pengawal Saya Dibunuh!

Selama ini pun, lanjut dia, KKB kerap mengancam hingga melakukan kekerasan kepada aparat keamanan maupun masyarakat. Tak sedikit ancaman tersebut berbuntut jatuhnya korban jiwa.

"Selain itu, KKB juga kerap mengintimidasi pejabat Pemda dan memaksa untuk mendukung aksinya. Aksi kekerasan yang dilakukan oleh KKB telah menimbulkan efek ketakutan yang meluas di kalangan masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafly Amar tengah mempertimbangkan pihaknya memasukan KKB alias OPM ke dalam kelompok organisasi terorisme.

Baca Juga: DPR RI Ngamuk ke BPOM Gara-gara Pengembangan Vaksin Nusantara Terhenti

KKB ini merupakan sebutan pemerintah untuk Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

"Kami sedang terus menggagas diskusi-diskusi dengan beberapa kementerian/lembaga berkaitan dengan masalah nomenklatur KKB untuk kemungkinannya apakah ini bisa dikategorikan organisasi terorisme," tandasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x