BMKG Ingatkan Suhu Muka Air Laut Kian Memanas, Hujan Super Lebat Terus Membayangi Wilayah Indonesia

- 24 Maret 2021, 15:30 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. /Instagram.com/@dwikoritakarnawati


GALAMEDIA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat untuk menyelamatkan laut sebagaimana salah satu tema dalam Hari Meteorologi Dunia ke-71, karena kondisi suhu muka air laut saat ini yang kian memanas.

"Yang mengkhawatirkan kondisi laut kita terutama di perairan Indonesia semakin panas suhu muka air lautnya," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dikutip Galamedia dari Antara, Rabu, 24 Maret 2021.

Ia menyebutkan, suhu muka air laut normalnya berkisar antara 25-26 derajat celcius, namun saat ini suhu sudah meningkat menjadi 30 derajat celcius.

Baca Juga: Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,8, Tsunami 2004 Bukan Dampak Senjata Thermonuklir

Dengan semakin memanasnya suhu muka air laut maka akan terjadi penguapan dan pembentukan awan semakin intensif dan masif yang dapat menyebabkan hujan ekstrem atau super lebat.

Kondisi tersebut dapat berdampak pada peningkatan bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi mendominasi bencana di tanah air.
Bencana hidrometeorologi mendominasi bencana di tanah air.


Karena itu laut harus dipelihara, katanya. Pemerintah juga sedang menggalakkan hutan mangrove di wilayah pesisir sebagai upaya mengurangi suhu panas muka air laut.

Baca Juga: Demam Shar Pei, Dikira Handuk Kusut ternyata Anjing Ras Paling Cute

Secara konkrit, peran BMKG selain memberikan informasi prakiraan cuaca juga mendapat tanggung jawab dari Badan Meteorologi Dunia (World Meteorologi Organization/WMO) untuk menyiapkan dan mengembangkan observasi di laut.

"Observasi tersebut agar kita bisa mendeteksi lebih dibuat gejala anomali yang terjadi sehingga kita bisa memberikan gambaran 10 atau 100 tahun lagi Indonesia harus berbuat apa untuk kebijakan dan aksi nyata di lapangan," ujar dia.

Hari Meteorologi Dunia yang diperingati pada 23 Maret pada tahun ini mengambil tema Waspada Cuaca, Peduli Iklim dan Selamatkan Laut.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x