Soal Bansos di Masa Lebaran Idulfitri, Mensos Risma Janjikan Tak Ada Penundaan

- 26 Maret 2021, 18:50 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini,
Menteri Sosial Tri Rismaharini, /Galang Garda S/Sumber: Pikiran Rakyat

GALAMEDIA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alis Risma menyebutkan pemberian Bantuan Sosial (bansos) saat memasuki libur Lebaran atau Idulfitri tetap berjalan sesuai jadwal.

Dikatakan, penyaluran bansos untuk Mei 2021 bakal dilakukan pada awal bulan atau pekan pertama.

Risma pun menjanjikan distribusi bansos tidak akan ada penundaan.

"Bansos tetap dilaksanakan sesuai jadwal di bulan itu. Untuk Mei karena lebaran, itu akan diserahkan awal bulan," jelasnya pada acara konferensi pers secara daring, Jumat, 26 Maret 2021.

Baca Juga: Ketika Humor Dianggap Melanggar UU ITE, Arie Kriting: Sungguh Mati, Cukimai Ini Harus Cepat Direvisi

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, ia menyebutkan penyaluran bakal diberikan pada akhir minggu pertama atau awal minggu kedua Mei 2021.

Risma pun mengaku sebelumnya telah mengevaluasi data penerima program bantuan sosial (bansos) dari pemerintah, yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bansos Tunai (BST).

Dari hasil evaluasi tersebut, ditetapkan jumlah penerima BPNT sebanyak 13.228.513 keluarga, PKH sebanyak 8.907.446 keluarga, dan BST 8.428.327 keluarga.

Baca Juga: Diperbincangkan Karena Kostum Satenya, Aura Kharisma Miss Grand Indonesia 2020. Ternyata Asli Majalengka

Jumlah tersebut lebih rendah dari target pemerintah, di mana BPNT sebanyak 18,8 juta keluarga penerima manfaat, PKH itu 10 juta keluarga penerima manfaat, dan BST 10 juta keluarga penerima manfaat.

Di sisi lain, berkaitan dengan hari raya Idulfitri yang jatuh pada Mei 2021 mendatang, pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik demi menekan laju penularan Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan angka penularan dan kematian Covid-19 masih tinggi terutama pasca-libur panjang.

Baca Juga: Kubu Moeldoko Desak Buka Kasus Hambalang: Demokrat Sebut Framing Tendensius, KPK Tak Terpengaruh Soal Politik

"Cuti bersama Idulfitri satu hari ada, tapi enggak boleh ada aktivitas mudik. Pemberian bansos akan diberikan," tandasnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x