Harus Bayar Mahal Rp3,5 Miliar per Tahun, Sumedang Batal MoU Buang Sampah ke TPA Legoknangka?

- 29 Maret 2021, 12:18 WIB
Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan, membuka sosialisasi penggunaan incinerator, bertempat di Pendopo Gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP), Senin 29 Maret 2021.
Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan, membuka sosialisasi penggunaan incinerator, bertempat di Pendopo Gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP), Senin 29 Maret 2021. /Ade Hadeli/Galamedia/

GALAMEDIA - Dianggap terlalu mahal karena harus bayar Rp3,5 miliar pertahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang dipastikan batal jalin MoU (memorandum of understanding) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk  membuang sampah ke TPA Legoknangka di Wilayah Kab. Bandung.

"Setelah dilakukan kajian teknis oleh dinas terkait, kemungkinan besar Sumedang batal MoU untuk membuang sampah ke TPA Legoknangka," ujar Wakil Bupati Sumedang H.Erwan Setiawan, usai membuka sosialisasi penggunaan incinerator, bertempat di Pendopo Gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP), Senin, 29 Maret 2021.

Soal pertimbangannya, ia menyebutkan, biaya yang harus dibayar Rp3,5 miliar per tahun tersebut terlalu mahal.

"Apalagi itu hanya untuk melayani pengangkutan sampah di dua wilayah kecamatan. Yakni Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor," ungkapnya.

Baca Juga: Moeldoko Akui Khilaf Soal KLB Demokrat: Saya Terbiasa Mengambil Risiko Seperti Ini, Demi Bangsa dan Negara

Sehubungan hal itu, ia menyatakan, Pemkab Sumedang bakal mengoptimalkan TPA Tampomas, di Wilayah Desa Cibeureum Wetan Kec. Cimalaka Kab. Sumedang.

Sedangkan untuk mengurangi volume sampah ke TPA tersebut, harus ada penanganan sampah dari hulu (rumah tangga dan lainnya), dengan cara memilah dan memilih.

Selain itu pemanfaatan teknologi dipandang penting untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Tampomas.

"Selain dengan cara memilah dan memilih, penerapan teknologi seperti incinerator dipandang cukup efektif mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Tampomas," urainya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X