Disebut Duduk di Atas Meja Saat Menteri PUPR Duduk di Kursi, Gibran: Pak Basuki Minta Saya Duduk di Situ

- 29 Maret 2021, 17:34 WIB
Tangkapan layar Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Budayawan Sardono W Kusuma dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat berbincang di MasDon Art Center di Solo, Sabtu 27 Maret 2021 lalu.
Tangkapan layar Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Budayawan Sardono W Kusuma dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat berbincang di MasDon Art Center di Solo, Sabtu 27 Maret 2021 lalu. /Youtube/


GALAMEDIA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akhirnya menanggapi soal dirinya duduk di atas meja saat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono duduk di kursi.

Foto tersebut sebelumnya sempat beredar di media sosial. Bahkan kini beredar video peristiwa tersebut.

Kasus tersebut pun menjadi bahan perbincangan sejumlah netizen hingga akhirnya viral di medsos.

Menanggapi hal itu, Gibran memberikan penjelasan bahwa tempat yang diduduki itu bukan meja seperti yang diberitakan.

Baca Juga: Kapolres Tergerak Bantu Korban Pergeseran Tanan Desa Tanjungwangi

Ia menduduki kursi penonton yang memang sengaja didesain berundak.

"Kan sudah dijelaskan sama yang punya rumah. Itu bukan meja tapi kursi yang kayak tribun itu lho," kata Gibran, Senin, 29 Maret 2021.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga mengaku duduk di kursi yang lebih tinggi karena diminta oleh Basuki agar lebih nyaman berdiskusi.

"Pak Basuki minta saya duduk di situ karena memang lagi diskusi, jadi biar posisinya berhadap-hadapan," katanya.

Baca Juga: Kapolri Ungkap Surat Wasiat Pelaku Bom Bunuh Diri di Gereja Katedral Makassar

Guru Besar Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Sardono W Kusumo yang juga hadir dalam pertemuan itu menjelaskan bahwa tempat yang diduduki Gibran adalah kursi penonton.

"Itu tempat duduk penonton untuk acara pertunjukan seni. Justru tempat duduk di bawah itu biasa dipakai tamu undangan," katanya.

Sardono menambahkan, Gibran awalnya hendak duduk di kursi yang selevel di samping Basuki. Ia pindah ke kursi yang lebih tinggi karena diminta oleh Basuki.

"Awalnya Mas Gibran mau duduk di samping Pak Basuki. Sama Pak Basuki diminta duduk di atas karena kita mau diskusi," katanya.

Baca Juga: Aktivis Molekul Pancasila: Moeldoko Mengakui 'Bangsa Ini Bakal Hancur' Dipimpin Jokowi

Foto Gibran yang duduk di posisi lebih tinggi dari Basuki viral usai ekonom Rizal Ramli turut berkomentar dalam akun Twitternya @RamliRizal pada Minggu, 28 Maret 2021.

"Sejak kapan Mas Basuki ⁦@KementrianPU⁩ jadi bawahan Walikota ? kopas: Menteri PUPR Kunker Ke Solo Gibran Duduk Di Meja, Basuki Duduk Di Kursi," demikian tulis Rizal Ramli di Twitternya.

Cuitan Rizal tersebut menuai komentar pedas dari warganet. Mereka menganggap Gibran tidak sopan karena duduk di meja di depan orang yang lebih tua.

Baca Juga: Diduga Terlibat Sebuah Operasi, Karir Moeldoko Harusnya Tamat di Tahun 2011: Dia Bukan Jenderal Kanan?

Peristiwa tersebut terjadi saat Gibran bersama Basuki meninjau kawasan Gatot Subroto yang rencananya digarap menjadi Malioboro ala Kota Solo.

Saat itu, mereka menyempatkan diri mampir di MasDon Art Center yang dikelola Sardono.

Dalam foto yang beredar, Gibran tampak duduk di posisi lebih tinggi daripada Basuki dan Sardono.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x