Meminalisir dampak Megathrust dan Pulihkan Ekosistem, 20 Ribu Bibit Mangrove Ditanam di Pesisir Pangadaran

- 30 Maret 2021, 21:34 WIB
Babinsa Desa Jetis melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat dan ormas di Sungai Bodo Ijo, Kecamatan Nusawungu, Minggu, 14 Maret 2021
Babinsa Desa Jetis melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat dan ormas di Sungai Bodo Ijo, Kecamatan Nusawungu, Minggu, 14 Maret 2021 /Kodim 0703 Cilacap

GALAMEDIA - Kementerian Sosial melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) melakukan penanaman 20 ribu bibit pohon mangrove di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat untuk memulihkan ekosistem pesisir sekaligus meminimalisasi dampak megathrust.

"Penanaman ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya ancaman bahaya megathrush yang diperkirakan akan terjadi, hal ini juga untuk melakukan pemulihan ekosistem pesisir, khusus untuk Pangandaran kita tanam sebanyak 20 ribu bibit," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Safii Nasution melalui siaran pers di Pangandaran, Selasa 30 Maret 2021.

Kementerian Sosial menyiapkan 2,7 juta bibit pohon mangrove yang disebar di seluruh Indonesia dengan cara penanaman gotong royong melibatkan Tagana daerah setempat.

Ia menyampaikan mangrove merupakan salah satu ekosistem pesisir yang memiliki peran sangat penting bagi kehidupan manusia, untuk itu perlu dirawat bersama.

Baca Juga: Ridwan Kamil Siap Jadi Calon Presiden 2024: Bismillah...

"Semoga masyarakat dapat menjaga dan merawat bibit mangrove yang ditanam, serta dapat merasakan manfaat keberadaan ekosistem mangrove," katanya.

Safii menyampaikan kegiatan penanaman mangrove tersebut dalam rangka hari ulang tahun ke-17 Tagana dengan puncak acara peringatan dipusatkan di Kabupaten Pangandaran.

Selain penanaman bibit mangrove, kata Safii, Kemensos juga melakukan peningkatan kapasitas tiga kemampuan dasar penyelamatan yang harus dimiliki Tagana yakni vertical rescue, water rescue, dan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).

Baca Juga: Guru Ngaji Asal Blitar Cabuli 6 orang Anak di Bawah Umur

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x