Baznas Kota Bandung Kembali Raih Opini Wajar Laporan Keuangan 2020 dan Sertifikat Internasional ISO

- 1 April 2021, 13:43 WIB
Baznas Kota Bandung Kembali Raih Opini Wajar Laporan Keuangan 2020  dan Raih Sertifikat Internasional ISO
Baznas Kota Bandung Kembali Raih Opini Wajar Laporan Keuangan 2020 dan Raih Sertifikat Internasional ISO /Baznas Kota Bandung/


GALAMEDIA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung tiga tahun berturut-turut mendapat opini wajar serta meraih sertifikat internasional bidang manajemen mutu ISO 9001-2015 dari Word Quality Assurance (WQA).

Opini terakhir untuk audit keuangan tahun buku yang berakhir 31 Desember 2020 dari KAP AR Oetomo sementara WQA menyerahkan sertifikat ISO 9001-2015  tersebut dalam sebuah kegiatan daring belum lama ini.

"Opini wajar dan sertifikat global ini sangat menggembirakan serta  merupakan anugerah Allah Swt terhadap kerja keras seluruh amil Baznas Kota Bandung yang gigih melakukan semua proses pencatatan transaksi keuangan sesuai prosedur dan PSAK 109," kata Plt. Ketua Baznas Kota Bandung Dr. Herry Kusaery dalam acara pelepasan Plt. Pimpinan bersama dengan seluruh Amil di Bumi Sangkuring Kota Bandung, Senin 29 Maret 2021 lalu.

Baca Juga: Pendeta Yerry Pattinasarany Tak Terima Jika Ada yang Menyudutkan Umat Muslim Terkait Aksi Teroris

Dari sisi pengumpulan zakat infaq shadaqoh (ZIS), Baznas Kota Bandung mencatat Rp26,266 milyar pada 2019 dan berhasil didistribusikan Rp23,845 milyar.

Tahun 2020 lalu, terhimpun ZIS sebesar Rp23,896 milyar dengan pendistribusian Rp 22,822 milyar.

Herry melanjutkan, kinerja tersebut diperoleh karena pihaknya juga tekun melaksanakan prosedur pelayanan dan terus melengkapi semua standar dokumen persyaratan penilaian manajemen mutu.

Herry menegaskan, dengan diterimanya opini wajar dan dari sertifikat ISO 9001-2015 ini, diharapkan menjadi penyemangat meningkatkan kinerja serta senantiasa menghadirkan program yang tepat sasaran bagi masyarakat Kota Bandung.

Baca Juga: Air Matanya Tak Terbendung, Melaney Ricardo Menangis Saat Bahas Rumah Tangganya

Selain Herry, Plt. lainnya pada periode 2019-2020  yang mendapat tugas dari Walikota Bandung sekitar 10 bulan (13 Mei 2020 sd 31 Maret 2021) adalah Plt. Wakil Ketua 1 Bidang Pengumpulan Irfan F. Taufik, Plt. Wakil Ketua 2 Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dudit Setiadi, Plt. Wakil Ketua 3 Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan Hendratno, dan Plt. Wakil Ketua 4 Bidang SDM, Administrasi dan Umum Sudrajat. Selanjutnya mulai 1 April 2021 diserahterimakan Pimpinan Baznas Kota Bandung periode 2021–2026.

"Kami ucapkan terimakasih kepada KAP AR Oetomo  yang sudah menyelesaikan proses audit keuangan, juga pada auditor standar manajemen mutu internasional dari WQA yang sudah melaksanakan audit serta merekomendasikan diraihnya sertifikat ISO 9001-2015," katanya.

Menurut dia, pihaknya merasa bahagia sampai akhir masa tugas bisa mengantarkan Baznas Kota Bandung kembali meraih opini Wajar selama tiga tahun berturut-turut serta untuk pertama kalinya meraih Sertifikat Manajemen Mutu Internasional ISO 9001-2015.

Baca Juga: Jerman Tumbang di Hadapan Makedonia Utara, Pelatih Timnas Jerman: Ini Kemunduran

Sementara itu, Dadang dari Kantor Akuntan Publik AR Oetomo menyampaikan ucapan selamat kepada Baznas Kota Bandung yang kembali meraih opini Wajar.

Perwakilan WQA Indonesia Muhammad Aristian saat menyerahkan sertifikat simbolik melalui media daring menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada Baznas kota Bandung atas diraihnya sertifikat Internasional ISO.

"Terima kasih kepada Baznas Kota Bandung atas kepercayaan kepada kami sebagai mitra audit manajemen mutu," kata Aristian.

"Ini membuktikan Baznas Kota Bandung sudah terekognisi sebagai lembaga berstandar internasional yang siap memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," katanya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x