Lobster Bisa Jadi Kekuatan Baru Ekonomi Indonesia di Masa Mendatang

- 1 April 2021, 21:57 WIB
Ilustrasi lobster.
Ilustrasi lobster. /premagraphic/Pixabay

GALAMEDIA - Lobster dapat menjadi kekuatan ekonomi di masa mendatang, namun perlu perbaikan pada berbagai isu dan masalah dalam budidayanya.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, Dr. Sc. Agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si dalam webinar Rabu, 31 Maret 2021.

Webinar tersebut digelar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran dengan tajuk "Masa Depan Lobster di Indonesia".

Yudi menyampaikan soal Roadmap pengelolaan lobster. Menurutnya, lobster dapat menjadi kekuatan ekonomi di masa mendatang, namun perlu perbaikan pada berbagai isu dan masalah dalam budidaya yaitu isu tata Kelola, tata niaga, lingkungan, kebijakan, dan sosial budidaya.

Baca Juga: Jamin Keamanan Hari Paskah di Jabar, Ridwan Kamil: Kita Waspadai dan Lawan Benih Terorisme!

Salah satu agenda utama negara adalah pengentasan kemiskinan dan ketidakmerataan distribusi ekonomi yang masih berpusat di Indonesia Barat.

"Dengan hadirnya sektor perikanan yang dikelola dengan baik dan juga budidaya lobster diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata dia.

Yudi menerangakan, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan dalam perumusan kebijakan dan program terkait perikanan dan kelautan.

Yaitu kontribusi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi secara cepat dan berkelanjutan, distribusi kesejahteraan secara adil, serta kelestarian ekosistem dan sumber daya kelautan dan perikanan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x