MUI: Bunuh Diri dengan Meledakkan Bom Haram dan Tidak Syahid !!

- 1 April 2021, 22:12 WIB
Anggota Brimob Polda Sulsel berjaga di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 31 Maret 2021. MUI menyatakan bunuh diri dengan meledakkan bom tidak syahid.
Anggota Brimob Polda Sulsel berjaga di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 31 Maret 2021. MUI menyatakan bunuh diri dengan meledakkan bom tidak syahid. /ANTARA FOTO/Arnas Padda

GALAMEDIA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan, bunuh diri dengan membawa bom dalam kondisi atau daerah damai hukumnya haram dan bukan merupakan tindakan mencari kesyahidan.

"Tapi, merupakan salah satu bentuk tindakan keputusasaan (al-ya’su) dan mencelakakan diri sendiri (ihlak an-nafs)," tegas Ketua Umum MUI, Miftachul Akhyar dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 1 April 2021.

MUI menyatakan aksi bom bunuh diri maupun serangan yang menyebabkan kerusakan, hilangnya, maupun mengancam nyawa orang lain merupakan tindakan teror dan tidak sesuai dengan ajaran agama.

Baca Juga: Pesan Khusus Menag Gus Yaqut untuk Umat Nasrani pada Momen Hari Paskah

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang menanggapi aksi teror beberapa waktu ini dan mempercayakan penyelesaian masalah kepada aparat yang berwenang.

"Mengajak semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dalam rangka pencegahan terkait dengan aksi-aksi kekerasan yang mengatasnamakan ideologi dan agama tertentu," lanjutnya.

Ketua MUI juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengarusutamakan Wasathiyatul Islam.

Artinya, pemahaman agama yang berpegang pada metodologi penetapan hukum (manhajiy), dinamis (tathawwuriy), mengedepankan paham (tawassuthy).

Baca Juga: Korban Angin Puting Beliung di Cimenyan Peroleh Sejumlah Bantuan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x