Usai Tolak Hasil KLB Deli Serdang, Yasonna Laoly Mendadak Dongkol ke Kubu AHY

- 3 April 2021, 06:07 WIB
Usai Tolak Hasil KLB Deli Serdang, Yasonna Laoly Mendadak Dongkol ke Kubu AHY
Usai Tolak Hasil KLB Deli Serdang, Yasonna Laoly Mendadak Dongkol ke Kubu AHY /YouTube /Pusdatin Kemenkumham


GALAMEDIA – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham (Menkumham), Yasonna Laoly secara resmi menolak hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang yang menetapkan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat.

Keputusan tersebut menjadi angin segar bagi Partai Demokrat kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Meskipun demikian, Yasonna Laoly mengaku kesal dengan tindakan kubu AHY sebelum KLB digelar tepatnya pada saat kubu AHY mengirim surat ke Istana Negara.

“Sebenernya saya dongkol banget. Nama saya dicatut. Dia bilang itu ada pertemuan Menteri Hukum dan HAM dengan Moeldoko. Kalau di Istana pasti kita ketemuan, tapi kita enggak pernah membicarakan itu,” ujar Yasonna Laoly yang dikutip Galamedia dari kanal Youtube Karni Ilyas Club, 3 April 2021.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Jadi Saksi, Pamannya Atta Halilintar Tak Diundang ke Pernikahan Atta dan Aurel, Kok Bisa?

Pada saat bertemu dengan kubu AHY, Yasonna menegaskan, Kemenkumham akan menyelesaikan konflik ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Politik.

“Penyelesaian partai politik, pendaftaran partai atau kepengurusan partai politik, perubahan anggaran dasar harus merujuk ke undang-undang partai politik, UU No 2 tahun 2008 dan UU No 2 tahun 2011 yang merujuk juga AD/ART partai politik,” ungkap Yasonna Laoly.

“Tetapi, jangan belum ada KLB sudah ribut menuding kita tanpa alasan,” lanjutnya.

Selain itu, Yasonna mengaku berada dalam posisi netral ketika memutuskan hal tersebut.

“Makanya saya sampaikan saat pengumuman itu, bahwasanya pemerintah sangat menyesalkan tudingan-tudingan yang menyesatkan dari kubu AHY yang mengatakan intervensi pemerintah,” ujar Yasonna.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 3 April 2021: Yes! Jejak Kejahatan Elsa Makin Terkuak, Pernyataan Sumarno Buat Mama Rosa

Menurutnya, hal tersebut terkesan seperti orang yang tidak memiliki pengalaman dalam menangani partai politik.

Yasonna mengungkapkan, jika ada permasalahan internal di partai politik, maka selesaikan secara internal baik itu melalui konsolidasi partai politik maupun konsolidasi DPC dan DPD.

“Selesaikan secara internal! Bukan tuding sana tuding sini,” ujar Yasonna Laoly dengan tegas.

“Di sini kita akan tegakkan aturan. Kalau sesuai dengan AD/ART, kita jalankan. Tapi, kalau tidak sesuai, kita tolak,” kata Yasonna.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x