Venue Kedua Perempat Final Piala Menpora Tergantung Lawan Persib

- 5 April 2021, 22:55 WIB
Piala Menpora 2021
Piala Menpora 2021 /Mempora/



GALAMEDIA - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita memastikan stadion kedua untuk pelaksanaan perempat final Piala Menpora 2021, di luar Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, akan ditentukan pada Rabu, 7 April 2021, setelah laga pamungkas Grup C tuntas.

"Kami akan memutuskan malam itu juga setelah pertandingan terakhir," ujar Akhmad Hadian kepada Antara di Jakarta, Senin, 5 April 2021.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Piala Menpora 2021 itu menyebutkan ada dua stadion yang menjadi kandidat untuk dua pertandingan delapan besar perwakilan dari Grup C dan Grup D, yaitu Stadion Maguwoharjo di Sleman, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Baca Juga: Tarawih dan Buka Puasa Bersama Diizinkan, Ini 11 Panduan Ibadah Selama Bulan Ramadhan

Ada beberapa pertimbangan yang diambil dalam menentukan stadion tersebut, seperti faktor keamanan dan keadilan.

Faktor keamanan, misalnya, keluar sebagai penentu andai juara Persebaya menduduki peringkat kedua Grup C, yang berarti skuad 'Bajul Ijo' akan melawan juara Grup D, Persib.

Jika skenario itu terwujud, maka laga tersebut kemungkinan besar berlangsung di Sleman.

Sementara aspek keadilan akan dibicarakan kalau ternyata PS Sleman keluar sebagai peringkat kedua Grup C dan akan melawan Persib pada Senin 12 April 2021.

Baca Juga: Tarawih Berjemaah Diperkenankan Digelar di Masjid, Sekretaris MUI Kota Cimahi: Ini Jadi Jawaban Tuduhan

"(Jika Persib versus Persebaya) kemungkinan di Sleman. Namun jadi pertimbangan pula kalau Persib bertemu PSS. Keduanya, kan, calon tuan rumah. Ini yang akan kami rapatkan dengan berbagai pihak. Kami pun akan menimbang semua kemungkinan. Andai Persebaya menghadapi Bali United, sebetulnya bisa di Bandung," tutur Akhmad Hadian.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 sudah memasuki babak delapan besar. Akan tetapi, baru tujuh tim yang dipastikan lolos ke fase tersebut karena Grup C belum menyelesaikan semua pertandingannya.

Di Grup C, hanya Persebaya yang sudah memastikan tempat di perempat final lantaran telah meraup tujuh poin. Namun, peringkat satu-dua grup ini baru dapat dipastikan pada Rabu 7 April 2021, saat Persela bersua Persik dan PSS menjajal kekuatan Persebaya.

Baca Juga: Jurnalis Senior, Yayat Wiryadi Tutup Usia, Kapolri Sampaikan Duka Cita

Hasil seri saja sudah membuat Persebaya keluar sebagai juara Grup C dan dipastikan menghadapi 'runner up' Grup D, Bali United, Minggu 11 April 2021, pada babak delapan besar.

Namun jika kalah, posisi Persebaya sebagai pemimpin grup terancam oleh PSS. Posisi satu-dua Grup C pun akan ditentukan oleh selisih gol.

Sementara dua pertandingan perempat final lain yang mempertemukan empat tim terbaik Grup A dan Grup B, yaitu PSIS kontra PSM serta Persija versus Barito Putera, dipastikan berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, masing-masing pada Jumat 9 April 2021 dan Sabtu 10 April 2021.***

 

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x