Innalillahi! 128 Nyawa Melayang Tersapu Banjir dan Longsor Siklon Tropis Seroja NTT

- 6 April 2021, 10:19 WIB
PMI membantu pencarian korban. Twitter.com/@palangmerah
PMI membantu pencarian korban. Twitter.com/@palangmerah /

GALAMEDIA - Siklon Tropis Seroja yang melanda Indonesia bagian timur menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur sejak beberapa hari lalu.

Terakhir diketahui setidaknya 128 orang meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor.

Baca Juga: Wow! Comeback Usai Dinyatakan Leukimia, Perenang Jepang Rikako Ikee Lolos Olimpiade Tokyo

"Total warga yang meninggal dunia berjumlah 128 orang selama cuaca ekstrem berlangsung di beberapa wilayah tersebut," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati di Jakarta, Selasa (6 April 2021) seperti dikutip Galamedia dari Antara.

Korban meninggal dunia dari Kabupaten Lembata sebanyak 67 jiwa, Flores Timur 49, dan Alor 12 jiwa.

Baca Juga: Dunia Seni Tanah Air Berduka, Umbu Landu Paranggi Tutup Usia #MaiyahBerduka

Sedangkan total korban hilang kini sudah mencapai 72 orang dengan rincian Kabupaten Alor 28 orang, Flores Timur 23 orang, dan Lembata 21 orang.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Senin (5 April 2021)  pukul 23.00 WIB, sebanyak 2.019 KK atau 8.424 warga mengungsi dan  1.083 KK atau 2.683  lainnya ikut terdampak.

Baca Juga: Syarat Sudah Divaksin, Mulai Ramadhan Arab Saudi Berikan Izin Umrah

"Pengungsian terbesar diidentifikasi berada di Kabupaten Sumba Timur dengan jumlah 7.212 jiwa atau 1.803 KK, Lembata 958 jiwa, Rote Ndao 672 jiwa atau 153 KK, Sumba Barat 284 jiwa atau 63 KK, dan Flores Timur 256 jiwa," ujar Raditya.

Cuaca ekstrem dampak Siklon Tropis Seroja masih berpotensi terjadi di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Teroris lagi, Pengamat Ini Minta Rezim Evaluasi Program Deradikalisasi: Bawa ke Pengadilan!

Siklon tropis ini berdampak di delapan wilayah administrasi kabupaten dan kota, antara lain Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, Malaka, Lembata, Ngada, Sumba Barat, Sumba Timur, Rote Ndao, dan Alor.

Bencana alam dampak cuaca ekstrem di beberapa wilayah itu, juga mengakibatkan sejumlah kerugian. Di antaranya 1.962 rumah terdampak, 119 rumah rusak berat, 118 rumah rusak sedang, dan 34 rumah rusak ringan.

Sedangkan fasilitas umum 14 rusak berat, satu rusak ringan, dan 84 unit lain terdampak.

Baca Juga: Papua Diterjang Banjir Setelah Diguyur Hujan Beberapa Hari Ini, Prajurit TNI Turun Tangan Bantu Warga

Terkait pascabencana, BPBD kabupaten dan kota dibantu berbagai pihak masih terus melakukan penanganan darurat bencana, seperti evakuasi, penyelamatan, pelayanan di pengungsian, distribusi logistik, maupun pembukaan akses ke wilayah terisolasi.

Kementerian dan lembaga di bawah kendali BNPB juga memberikan dukungan kepada pemerintah daerah terdampak siklon tropis tersebut.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x