2.000 Pohon Untuk Hijaukan Kaki Gunung Manglayang, Zona Merah Bencana Menyusul

- 6 April 2021, 19:11 WIB
Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, memimpin penanaman pohon di kaki Gunung Manglayang, Jatinangor, Selasa 6 April 2021.
Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, memimpin penanaman pohon di kaki Gunung Manglayang, Jatinangor, Selasa 6 April 2021. /Ade Hadeli/Galamedia News/

GALAMEDIA - Sebanyak 2000 bibit pohon berbatang keras ditanam untuk menghijaukan kaki Gunung Manglayang, Blok Nangoh Desa Cibeusi Kecamatan Jatinangor Kab. Sumedang.

Penanaman pohon bertajuk "Nata Alam Ku Budaya Melak Tangkal", dipimpin Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, Selasa, 6 April 2021.

Pada kesempatan itu Erwan mengatakan, kegiatan penanaman bibit pohon di kawasan tersebut diinisiasi oleh Yayasan Incu Buyut Peduli Jatinangor, berkoordinasi dengan Balai Bibit Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, DLHK Kab.Sumedang dan Kecamatan Jatinangor, dengan melibatkan paguyuban masyarakat setempat.

Menurutnya ribuan pohon itu terdiri dari jenis bibit kopi, akasia, gamelina, kemiri, dan jambon.

Baca Juga: Pengakuan Mantan Polisi yang Pernah Jadi Teroris: Intoleran dan Radikalisme Merupakan Tangga Menuju Terorisme

Dengan luas lahan tanam mencapai 14 hektar milik Pemerintah Provinsi Jabar. Dengan tujuan, selain untuk konservasi, juga sebagai penyangga air di kawasan Jatinangor.

"Saya ucapkan terima kasih kepada DLHK, Camat Jatinangor, Forkopimcam dan Incu Buyut Peduli Jatinangor, yang telah menggagas kegiatan penanaman pohon di Jatinangor. Mudah-mudahan penanaman pohon ini bisa menjaga kelestarian alam agar tidak terjadi bencana serta tersedianya sumber mata air bagi kehidupan," ujarnya.

Baca Juga: Soal Isu Kehamilan Nissa Sabyan, Mantan Manajer Sabyan Gambus Bocorkan Tentang Ini

Erwan pun berharap, kegiatan serupa dapat dilaksanakan di tempat lainnya, terutama di wilayah dengan status zona merah bencana.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x