Klaim Pemerintah Punya Uang Rp11.000 Triliun di Luar Negeri, Said Didu: Segeralah Dibuka Buat Bayar Utang

- 8 April 2021, 14:46 WIB
Klaim Pemerintah Punya Uang Rp11.000 Triliun di Luar Negeri, Said Didu: Segeralah Dibuka Buat Bayar Utang /Dewanti Lestari/Antara

GALAMEDIA - Utang Indonesia memang sangat seru untuk dibahas, mengingat banyak perbedaan pendapat dikalangan pemerintah dan para pengamat ekonomi politik.

Saat ini utang Indonesia diduga sudah mencapai lebih dari Rp10.000 triliun. Hal itu diungkapkan oleh Musni Umar beberapa hari yang lalu.

Musni Umar mengatakan bahwa dirinya sempat bertemu dengan seorang politisi yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Anggaran (Waka Banggar) DPR RI.

Pada pertemuannya itu, politisi tersebut mengungkapkan kepada Musni Umar bahwa utang indonesia sudah mencapai angka Rp10.000 triliun.

Hal itu mencakup dari tiga bidang yakni pemerintah, BUMN, dan swasta.

Baca Juga: Comeback, Potret Terbaru Aliando dalam Sinetron Keajaiban Cinta

Dalam hal ini, pemerintah berada paling tinggi dengan utang mencapai Rp 6.000 triliun. Sedangkan BUMN dan swasta masing-masing mempunyai utang sebesar Rp 2.000 Triliun.

Sementara itu, 5 tahun yang lalu, pemerintah pernah mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki tabungan uang yang disimpan di luar negeri sebanyak Rp11.000 triliun.

Dilansir dari situs Sekretariat Kabinet, hal itu diungkapkan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara sosialisasi program pengampunan pajak atau tax amnesty di Hotel Clarion, Makassar, Jumat 25 November 2016.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X