Wagub Jabar: Lulusan SMK Diharapkan Mampu Membangun Desa

- 8 April 2021, 16:51 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, menghadiri launching Program SMK Membangun Desa, di Kampus SMK Negeri 1 Sumedang, Kamis 8 April 2021./Ade Hadeli/Galamedia/ /

GALAMEDIA - Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar), Uu Ruzhanul Ulum berharap adanya perubahan paradigma terhadap SMK (sekolah menengah kejuruan).

Ia berharap lulusan SMK tidak hanya bisa bekerja di perusahaan, tetapi juga harus mampu membangun desa dengan kompetensi yang dimilikinya.

Hal itu disampaikan Uu saat meluncurkan Program SMK Membangun Desa, di Kampus SMK Negeri 1 Sumedang, Kamis 8 April 2021.

Baca Juga: Seorang Guru di Papua Tewas Diberondong Tembakan oleh KKB Sabinus Waker

Lazimnya, sebut Uu, kepala sekolah merasa bangga kalau lulusannya bekerja di perusahaan besar.

Oleh karena itu, paradigma belajar di sekolah hanya sampai dengan mendapatkan ijazah atau bisa diterima kerja harus diubah, menjadi sampai lapangan kerja yang diciptakan oleh diri sendiri.

Mereka yang sudah paham akan perubahan paradigma tersebut, tidak akan mengandalkan bekerja di kota, tapi kembali ke desa sesuai dengan kemampuannya.

Untuk itu, Program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) intinya adalah memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa dan sumber daya manusia yang ada di desa, termasuk lulusan-lulusan SMK.

Baca Juga: Ingin Menikmati Momen Bersama Sang Anak, Irwansyah Enggan Pergi Keluar Rumah

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X