Amankah Divaksinasi Saat Anda Berpuasa di Bulan Ramadhan? Temui Jawabannya Di Sini

- 9 April 2021, 10:27 WIB
Pemkot Cimahi Tetap Gelar Vaksinasi Covid-19 di Bulan Suci Ramadhan 2021.
Pemkot Cimahi Tetap Gelar Vaksinasi Covid-19 di Bulan Suci Ramadhan 2021. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia News/

GALAMEDIA - Mungkin sebagian Anda ada yang mendapatkan jadwal vaksinasi Covid-19 pada pertengahan atau akhir April ini dan sudah memasuki bulan Ramadhan. Anda tak perlu khawatir tentang puasa Anda ataupun efek samping vaksin pada Anda.

Sejumlah pakar kesehatan maupun kalangan ulama berpendapat vaksinasi saat Anda puasa tidak akan mengganggu ibadah puasa Anda.

Salah seorang Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Yoga Aditama mengatakan orang-orang aman untuk divaksinasi Covid-19 saat selama berpuasa di bulan suci Ramadhan.

"Vaksin dalam puasa Ramadhan tentu aman saja, sama seperti vaksinasi di bulan biasa," kata Yoga seperti dikutip dari Antara, Jumat 9 April 2021.

Baca Juga: Innalillahi, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Sampaikan Kabar Duka: Beliau Sosok yang Gigih

Menurut Mantan Dirjen P2P & Kepala Balitbangkes itu, kalaupun ada keluhan maka sebaiknya Anda melaporkannya pada petugas kesehatan. Namun sejauh ini, keluhan terkait vaksin sebatas pegal, kemerahan dan bengkak pada lokasi yang disuntik.

Tak semua orang merasakan keluhan saat divaksin dan Shara, seorang awak media yang baru mendapatkan dosis pertama vaksin pada akhir Maret lalu, salah satunya.

Di sisi lain, kolega Shara, Iit yang sudah menyelesaikan dua dosis vaksin mengaku hanya merasa pegal beberapa saat di bagian yang disuntik walaupun saat itu dia dalam kondisi kurang tidur.

Lalu, apakah ada perbedaan pada respon imun antara orang yang divaksin saat berpuasa dan tidak? Kepala Laboratorium di Fakeeh University Hospital, Dubai, Dr. Palat Menon mengiyakan. Menurut dia, respon imun dua kali lebih efektif pada orang yang berpuasa.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x