Muncul Varian Baru Corona E484K di Indonesia, Pemerintah Perketat Kedatangan Internasional  

- 9 April 2021, 14:39 WIB
Varian baru virus corona Covid-19 kembali muncul karena mutasi sehingga bisa mengancam manusia di seluruh dunia.
Varian baru virus corona Covid-19 kembali muncul karena mutasi sehingga bisa mengancam manusia di seluruh dunia. /Pixabay/athree23/

GALAMEDIA - Varian virus baru E484K terdeteksi sudah masuk ke Indonesia. Varian ini merupakan mutasi dari B117 yang berasal dari Inggris.

Mengenai varian E484K tersebut, pemerintah melalui juru bicara satuan tugas (Satgas) kemudian meningkatkan Whole Genome Sequencing (WGS).

WGS itu sendiri untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia serta akan memperketat proses skrining kedatangan internasional.

"Terkait dengan mutasi virus, pemerintah juga terus meningkatkan surveilans Whole Genome Sequencing (WGS) untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia," ujar Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Covid-19, dikutip Galamedia melalui laman Setkab, Jumat, 9 April 2021.

Baca Juga: Fantastis! 6 Makanan Khas Indonesia Ini Dibanderol dengan Harga Selangit, Termasuk Tempe?

"Serta memperketat proses skrining pada saat warga negara asing (WNA) dan warga negara Indonesia (WNI) yang masuk dari luar negeri ke Indonesia," tambahnya.

Dalam keterangannya itu, Wiku meminta masyarakat tidak khawatir dengan temuan virus E484K namun tetap patuhi protokol kesehatan.

"Saya harapkan masyarakat tidak panik tapi hendaknya semakin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas mengingat disiplin ini adalah pertahanan utama kita dalam mencegah penularan Covid-19," ujar Wiku.

Sebagai informasi, demi mencegah penularan di tengah-tengah masyarakat Pemerintah juga telah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro).

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x