8 Provinsi Pertama di Indonesia Beserta Nama Gubernurnya, Jakarta Tidak Termasuk!

- 9 April 2021, 16:02 WIB
ILUSTRASI: 8 Provinsi Pertama di Indonesia Beserta Nama Gubernurnya, Jakarta Tidak Termasuk!
ILUSTRASI: 8 Provinsi Pertama di Indonesia Beserta Nama Gubernurnya, Jakarta Tidak Termasuk! /Youtube/Channel - Jalan jalan Indonesia

GALAMEDIA - Pembagian wilayah atau provinsi adalah salah satu unsur yang penting. Ketika Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, Republik Indonesia belum bisa dikatakan sebagai negara.

Karena untuk mendirikan suatu negara perlunya unsur-unsur yang harus dipenuhi. Salah satunya dengan membagi wilayah Indonesia menjadi beberapa provinsi.

Kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945 dalam sidang PPKI terpilihlah Ir. Soekarno dan drs. Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Diikuti dengan pembentukan delapan wilayah Provinsi Indonesia beserta gubernurnya sebagai wakil pemerintah di daerah.

Berikut pembagian delapan wilayah provinsi beserta gubernurnya dilansir Galamedia dari berbagai sumber:

1. Sumatera

Provinsi Sumatera dengan Ibukotanya berada di Medan/Bukittinggi. Dipimpin oleh Gubernur bernama Teuku Mohammad hasan. Wilayah yang luas membuat urusan administratif menjadi kacau, terlebih Provinsi ini memiliki penduduk yang cukup banyak.

Akhirnya pada tahun 1948, Provinsi Sumatera dipecah menjadi tiga, yakni Sumatera Utara, Tengah dan Selatan. Hingga saat itu provinsi-provinsi baru terus dimekarkan, sampai pada akhirnya berjumlah 10 Provinsi.

Baca Juga: Moeldoko Sebut Bangsa Indonesia Harus Berterima Kasih kepada Soeharto

2. Jawa Barat

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X