BPBD Jawa Timur Rilis Data Wilayah yang Terimbas Gempa Malang: Terasa Getaran Seakan-akan Ada Truk Berlalu

- 10 April 2021, 17:30 WIB
Salah satu rumah warga Kabupaten Malang mengalami rusak berat setelah diguncang gempa M 6,1 di Jawa Timur dan sekitarnya, Sabtu 10 April 2021.
Salah satu rumah warga Kabupaten Malang mengalami rusak berat setelah diguncang gempa M 6,1 di Jawa Timur dan sekitarnya, Sabtu 10 April 2021. /Instagram @BPBDKabMalang

GALAMEDIA – Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Malang, Provinsi Jawa Timur. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meralat gempa tersebut menjadi M 6,1.

Gempa tersebut membuat sebagian wilayah di daerah Jawa Timur berguncang. Seperti beberapa ada yang merasakan getaran sedang hingga mengalami guncangan hebat.

Gempa yang terjadi pada Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.00 WIB itu dirasakan dengan skala IV-V MMI di Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Kalaksa BPBD Jawa Timur, Yanuar Rachmadi menjelaskan bahwa getaran tersebut hampir dirasakan oleh seluruh penduduk, dari barang pecah hingga tiang besar pun bergoyang.

Baca Juga: Inisiatif Zakat Indonesia Berbagi 13.000 Paket Sembako

“Kemudian tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng tidak dapat berhenti,” kata Yanuar Rachmadi dalam keterangan pers dikutip Galamedia, 10 April 2021.

Lebih lanjut, Yanuar mengatakan jika getaran tidak hanya dirasakan di Malang saja, namun dirasakan juga di daerah Jawa Timur.

Seperti, Kabupaten Blitar, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Sumenep, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Pacitan, Kota Batu, dan Tuban.

“Di daerah-daerah tersebut gempa dirasakan dengan skala III MMI yang getarannya dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” kata Yanuar.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X