Gempa Malang tidak Sebabkan Tsunami, Tapi Masyarakat Diminta Waspadai Bendana Ini

- 10 April 2021, 19:09 WIB
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat potensi bencana lain setelah gempa Malang.
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat potensi bencana lain setelah gempa Malang. /Instagram.com/@dwikoritakarnawati

GALAMEDIA - Masyarakat di sekitar wilayah Jawa Timur dan wilayah lain yang terdampak gempa, diminta untuk mewaspadai potensi longsor dan banjir bandang bila terjadi hujan.

Seperti diketahui gempa bumi dengan magnitudo 6,7 di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu 10 April 2021 pada pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan keterangan BMKG, gempa yang terjadi itu berada pada kedalaman 25 kilometer (km) dan tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Subhanallah, Cahaya Putih Terekam Kamera Sedang Berjalan di Makam Baqi Madinah

Baca Juga: Waduh, Patung Gorila Setinggi 7 Meter Roboh akibat Gempa Malang, Beruntung Tidak Ada Korban Jiwa

"Jadi juga mohon diwaspadai potensi longsor dan banjir bandang bila terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebagai dampak lanjut setelah ada goyangan gempa bumi yang cukup kuat," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Sabtu 10 April 2021.

Menurutnya, gempa bumi dengan magnitudo 6, bisa membuat lereng-lereng atau batuan menjadi agak rapuh. Hal ini dapat memicu terjadinya hidrometeorologi, yaitu bencana longsor dan banjir bandang.

Hal itu berkaca dari bencana di Nusa Tenggara Timur. Dimana sehari sebelumnya terjadi bencana gempa bumi magnitudo 4,1 dan terjadi hujan lebat.

Baca Juga: 5 Pertandingan Terakhir Persebaya vs Persib, Laga Penuh Gengsi Dibalik Persaudaraan Suporternya

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X