Dadang Supriatna Dukung Basa Sunda dan Ekstrakurikuler Pencak Silat Masuk Muatan Lokal

- 11 April 2021, 12:58 WIB
Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna menghadiri syukuran Paguyuban Padjajaran Anyar atas kemenangan Pasangan Bedas, di Kec Bojongsoang, Kab Bandung, Sabtu, 10 April 2021.
Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna menghadiri syukuran Paguyuban Padjajaran Anyar atas kemenangan Pasangan Bedas, di Kec Bojongsoang, Kab Bandung, Sabtu, 10 April 2021. /Engkos Kosasih/Galamedia News/


GALAMEDIA - Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna menyatakan dukungannya untuk memasukan muatan lokal ke dalam kurikulum pendidikan seperti pelajaran Basa Sunda dan ekstrakurikuler Pencak Silat.

"Saya mendorong agar setiap sekolah di Kabupaten Bandung mewajibkan muatan lokal seperti pelajaran Bahasa Sunda dan Pencak Silat demi meletarikan bahasa, seni dan budaya Sunda," kata Bupati Bandung terpilih, usai menghadiri syukuran Paguyuban Padjajaran Anyar atas kemenangan Pasangan Bedas, di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Sabtu, 10 April 2021.

Dengan demikian, kata Dadang Supriatna, generasi muda Kabupaten Bandung nantinya bisa memahami tentang sejarah Sunda dan bahasa Sunda, yang pada akhirnya filosofis Sunda bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Ini Kata Ketum MDI, Terkait Pencopotan Pejabat yang Akan Melaksanakan Kajian Ramadhan Online  

Dengan muatan lokal ini pula, imbuh Kang DS, sapaan Dadang Supriatna, anak-anak juga nantinya bisa menghargai bahasanya sendiri dan menjadikan suatu kebanggaan.

"Karena karakter dari Bahasa Sunda itu pada hakikatnyaa sebenarnya merupakan pendalaman daripada isi Alquran, sehingga saya berharap ke depan muatan lokal tentang pendidikan bahasa Sunda ini akan kita kembangkan di Kabupaten Bandung," jelas Kang DS.

Baca Juga: Maia Estianty Kembali Kena Covid-19, Dirinya Akui Habis Memeluk Orang

Untuk itu Bupati Bandung terpilih berharap Paguyuban Padjajaran dapat terus berkolaborasi, bersinergi dengan Pemda Kabupaten Bandung ke depan untuk bersama mengawal pembangunan Kabupaten Bandung dengan tetap melestarikan muatan lokal.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x