Kemenag Bolehkan Masyarakat Sholat Tarawih di Masjid, Asal Tidak di Zona Oranye dan Merah

- 12 April 2021, 15:00 WIB
Footo Ilustrasi Bulan Suci Ramadhan 2021
Footo Ilustrasi Bulan Suci Ramadhan 2021 /Strait Times/

GALAMEDIA - Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu bulan yang istimewa, karena umat muslim harus menjalankan puasa, sholat tarawih, dan ibadah lainnya.
Di masa pandemi covid-19, pemerintah sudah mengeluarkan peraturan tentang ketentuan sholat tarawih yang biasa dilaksanakan berjamaah di masjid.

Pada Senin 12 April 2021, pemerintah resmi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama terkait Panduan Ibadah bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), Fuad Nasar pelaksanaan sholat tarawih secara berjamaah di masjid hanya bisa dilaksanakan di daerah yang berstatus zona kuning dan hijau.

Baca Juga: 7 Negara dengan Tingkat Kejahatan Tertinggi, Nomor 6 Paling Dekat dengan Indonesia!

“Sholat tarawih, witir, tadarus quran, hingga i'tikaf hanya bisa dilaksanakan di masjid ataupun mushola yang ada di zona aman yakni zona hijau dan kuning,” ujar Fuad dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19, dikutip Galamedia dari PMJ, Senin 12 April 2021.

Fuad juga menerangkan bahwa daerah yang statusnya masih dalam zona oranye dan merah tidak boleh melaksanakan kegiatan ibadah di masjid.

“Adapun untuk daerah yang berstatus zona oranye dan merah tidak diperkenankan mengadakan kegiatan ibadah di masjid. Hal ini sudah eksplisit sesuai dengan SE,” sambungnya.

Baca Juga: Kemenag Segera Putuskan Penetapan 1 Ramadhan 1442 H pada Senin Sore ini, 12 April 2021

Fuad menuturkan bahwa terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan ibadah Ramadhan di zona aman.

Pertama, yakni adanya pembatasan jamaah sebanyak 50% dari kapasitas masjid ataupun mushola saat pelaksanaan shalat lima waktu, tarawih, tadarus hingga i'tikaf.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x