Puluhan Rumah Warga Mengalami Kerusakan Akibat Diterjang Angin Kencang

- 12 April 2021, 15:06 WIB
     Rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang disertai turun hujan deras di Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Minggu (11/4). 
    Rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang disertai turun hujan deras di Desa Sukamanah Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, Minggu (11/4).  /Engkos Kosasih
GALAMEDIA - Pascaterjadi bencana angin puting beliung/angin kencang disertai turun hujan deras pada Minggu, 11 April 2021 sore, Muspika Rancaekek Kabupaten Bandung melakukan pengecekan ke 10 desa di kecamatan tersebut yang diperkirakan turut terdampak.
Diperkirakan, puluhan rumah warga mengalami rusak berat dan ringan. 
 
"Muspika Kecamatan Rancaekek telah melakukan pengecekan rumah dan bangunan serta fasilitas umum yang rusak yang diakibatkan oleh angin puting beliung disertai hujan deras di wilayah Kec. Rancaekek Kab. Bandung. Pengecekan dilakukan mulai Senin pukul 10.30 WIB sampai selesai," kata Camat Rancaekek Baban Banjar kepada wartawan di Rancaekek, Senin 12 April 2021.
 
Menurutnya, pengecekan rumah dan fasilitas umum yang mengalami kerusakan itu, yakni di Desa Sangiang, Desa Sukamanah, Desa Cangkuang, Desa Jelegong, Desa Nanjungmekar, Desa Sukamulya, Desa Bojongsalam, Desa Linggar, Desa Bojongloa dan Desa Haurpugur. 
 
 
"Di Desa Sangiang, tiang listrik patah tepatnya di Kampung Sangiang RW 04 dan telah diperbaiki PLN dan listrik kembali nyala. Bangunan PDAM di Kp. Ragas RW 07 Desa Sangiang tertimpa pohon tumbang. Selain itu 3 rumah warga mengalami kerusakan dan atap mesjid sebagian roboh," katanya.
 
Di Desa Sukamanah, ada pohon tumbang dan bangunan rumah milik Eri mengalami rubuh atap genteng dan baja ringannya. Atap rumah yang ambruk itu menimpa rumah milik Mamah.
 
"Di Desa Cangkuang sebanyak 15 rumah rusak berat dan ringan. Sejumlah atap rumah di Desa Jelegong juga mengalami kerusakan. Di Desa Nanjungmekar, 6 rumah rusak ringan," katanya. 
 
Di Desa Sukamulya, katanya, hanya satu rumah yang rusak ringan karena genteng rumahnya beterbangan, yakni milik Asep Deni di Kampung Rancapanjang. 
 
 
Di Desa Bojongsalam, katanya, sebanyak 21 rumah rusak ringan. Di Desa Linggar 2 rumah rusak ringan dan sudah diperbaiki, milik Onah dan Eman. Di Desa Bojongsalam sebanyak 5 rumah rusak ringan pada bagian gentingnya berterbangan.
 
"Di Haurpugur, bank sampah tematik yang mengalami rusak berat dan pohon tumbang. Selain itu sejumlah rumah warga mengalami kerusakan pada bagian gentingnya dan masih pendataan," katanya. 
 
Baban mengatakan, untuk data rumah, bangunan dan fasilitas umum di tiap desa yang menggalami rusak ringgan dan berat berikut kerugian akibat kejadian tersebut masih dalam pendataan.
 
"Sedangkan untuk perbaikan kerusakan ringan sebagian telah diperbaiki dengan cara mandiri dan gotong royong," katanya. 
 
Akibat kejadian angin puting beliung, katanya, untuk semantara aliran  listrik yang padam telah diperbaiki oleh PLN Rancaekek dan sudah menyala kembali.
 
 
"Untuk biaya perbaikan data kerusakan oleh pihak kecamatan akan diajukan ke Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Bandung. Korban jiwa tidak ada dan kerugian materil masih dalam pendataan," pungkasnya. **
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x