7 Negara Terkorup di Asia, Indonesia Nomer Berapa?

- 12 April 2021, 15:09 WIB
Ilustrasi Korupsi
Ilustrasi Korupsi /Pixabay/mohamed_hassan /

GALAMEDIA – Korupsi merupakan masalah terbesar bagi suatu negara, termasuk Indonesia. Korupsi adalah menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi dan merugikan orang lain.

Ada banyak bentuk korupsi yang sering terjadi, seperti penyuapan, penipuan, dan pengambilan sumber daya, dan lainnya.

Dikutip melalui Youtube Ada Yang Baru, berikut tujuh negara paling korupsi di Asia. Perlu diketahui bahwa penilaian ini bedasarkan International Global Corruption Barometer for Asia dengan satuan persen indeks.

Baca Juga: Penggabungan Kemenristek-Kemendikbud, Mardani Ali Sera: Jangan Sampai Ilmuwan Indonesia 'Hijrah'

1. Mongolia
Mongolia merupakan salah satu negara Asia Timur yang memiliki sumber daya alam kaya dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Sayangnya Mongolia menjadi salah satu negara terkorup di Asia.

Bedasarkan hasil data transparansi International Global Corruption Barometer for Asia, penyuapan di Mongolia mencapai 22%. Hal tersebut menandakan bahwa kasus korupsi di negara ini menjadi permasalahan yang harus diperhatikan.

2. Bangladesh
Korupsi di Bangladesh juga menjadi suatu permasalahan yang cukup serius. Bedasarkan lembaga pemeringkat utama, di negara ini sering ditemukan kasus korupsi yang besar. Bangladesh menjadi negara terkorupsi no enam di Asia dengan indeks korupsi sebesar 24%.

Baca Juga: Puluhan Rumah Warga Mengalami Kerusakan Akibat Diterjang Angin Kencang

3. Thailand
Sama seperti Bangladesh, Thailand juga memiliki indeks korupsi sebesar 24%. Karena hal ini, pemberantasan korupsi di negara Thailand menjadi salah satu fokus pemerintah dan terbilang berhasil. Mengingat Thailand dapat menurukan skor korupsinya dibandingkan tiga tahun terakhir.

Meskipun Thailand masih masuk ke jajaran negara Asia terkorup, namun jika Thailand bisa terus memberantas korupsi, tak menutup kemungkinan negara ini bersih dari korupsi.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x