ILUNI UI Vaksinasi 8.000 Warga Jakarta dan Depok

- 12 April 2021, 16:48 WIB
ILUNI UI berpartisipasi  dalam pemberian vaksinasi Covid-19 kepada lebih dari 8 ribu alumni warga Jakarta dan Depok.
ILUNI UI berpartisipasi dalam pemberian vaksinasi Covid-19 kepada lebih dari 8 ribu alumni warga Jakarta dan Depok. /DOk. ILUNI UI/

GALAMEDIA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) berpartisipasi  dalam pemberian vaksinasi Covid-19 kepada lebih dari 8 ribu alumni warga Jakarta dan Depok.

Pemberian vaksinasi pertama dilakukan untuk alumni lansia UI warga Jakarta di RSCM Kencana pada 11 Maret lalu, dilanjutkan dengan dukungan layanan vaksinasi drive thru untuk alumni UI di Depok dan dosen UI, terhitung sejak 22 Maret hingga 21 Mei mendatang di RSUI Depok.

Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian mengatakan bahwa program vaksin ini merupakan wujud dukungan terhadap pelaksanaan program vaksinasi pemerintah.

Baca Juga: Link Streaming dan Bocoran Ikatan Cinta 12 April 2021: So Sweet! Aldebaran Limpahkan Kasih Sayang pada Reyna

"Kami membuka layanan sentra vaksinasi untuk alumni UI dan dosen UI yang diadakan di RSCM dan RSUI. Serta membuka kolaborasi dengan berbagai elemen termasuk dengan swasta, seperti kerja sama vaksinasi drive thru dengan XL Axiata untuk vaksin di Depok dengan target tiga puluh ribu penerima vaksin selama durasi program," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin, 12 April 2021.

Menurutnya setidaknya sudah ada 8 ribu lebih warga Jakarta dan Depok yang menerima manfaat dari program ini.  Termasuk dalam jumlah tersebut antara lain alumni, keluarga  alumni serta dosen UI.

Dikatakannya untuk program vaksinasi alumni di Jakarta pada tanggal 11 April ini merupakan vaksinasi kedua, setelah sebelumnya ILUNI UI mengadakan vaksinasi pertama pada 11 Maret lalu.

Baca Juga: Anggota DPR RI Ono Surono Desak Pemerintah Menyetop Keran Buah Impor

"Ada ratusan alumni yang berpartisipasi dalam program vaksinasi alumni pertama. Dalam program ini, ILUNI UI bekerja sama dengan RSCM dan atas pengawasan dari Dinkes Pemprov DKI Jakarta dan Kemenkes RI," ujarnya.

Andre menjelaskan dalam program vaksinasi di RSCM, pihaknya berkontribusi dalam menyediakan relawan nakes dan nonnakes. ILUNI UI juga membuka pendaftaran penerima vaksin, melakukan penjadwalan traffic management, serta pre-skrining untuk para lansia.

"Kami mendapatkan banyak dukungan dari RSCM dan juga dari relawan yang berasal dari ILUNI Fakultas," katanya.

Baca Juga: Survei Presiden 2024, Refly Harun: Semua Tergantung Kepuasan Masyarakat Atas Pemerintahan Jokowi

Sementara itu, dalam progam vaksinasi Drive-Thru Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI, ILUNI UI berkolaborasi dengan XL Axiata, Universitas Indonesia, Kemenkes RI, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Depok.

Termasuk pula mitra bisnis lainnya, seperti Benih Baik, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

"Dalam program ini, ILUNI UI memberikan dukungan kepada pihak XL Axiata berupa penyediaan tenaga relawan nonmedis yang membantu proses administrasi, menyediakan pelaksana teknis lapangan, membantu proses perizinan selama vaksinasi di RSUI, serta membantu dalam hal publikasi," jelasnya.

Baca Juga: Pertamina Jamin Pasokan BBM LPG dan Avtur di Jawa Barat Aman dan Bisa Memenuhi Kebutuhan Masyarakat!

Lebih jauh, Ia menuturkan sudah ada total 3.577 penerima vaksin nonlansia (termasuk dosen UI, dosen PNJ, dan pelayanan publik) dan 4.811 peserta vaksin lansia. Sehingga, per 8 April tercatat 8.388 orang berpartisipasi dalam program vaksinasi Drive-Thru Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengapresiasi atas sinergi antara XL Axiata dan ILUNI UI dalam pelaksanaan progam vaksinasi Drive-Thru Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit. Terlebih, ILUNI UI dan XL Axiata memiliki kesamaan visi-misi dalam mendukung program vaksinasi dari pemerintah.

Pihaknya juga berharap, kerja sama yang terjalin mampu memberi dampak signifikan akan penyaluran vaksinasi kepada masyarakat.

Baca Juga: Pertamina Jamin Pasokan BBM LPG dan Avtur di Jawa Barat Aman dan Bisa Memenuhi Kebutuhan Masyarakat!

"Tentunya merupakan suatu kehormatan bisa bekerja sama dengan RSUI dan ILUNI UI dalam program vaksinasi ini.  Semoga kerja sama dapat terjalin lebih erat dan memberikan manfaat luas kepada masyarakat. XL Axiata berkomitmen untuk membantu penyelenggaraan vaksinasi sebagai bagian dari pencegahan penyebaran COVID-19," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUI dr. Astuti Giantini menyampaikan apresiasinya atas dukungan berbagai pihak dalam penyediaan sentra vaksinasi untuk warga Depok dan dosen-dosen UI.

"RSUI mengapresiasi atas penyelenggaraan vaksin drive thru ini. Meski telah mendapatkan vaksin, tentunya kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan. RSUI juga akan tetap memberi pelayanan terbaik untuk warga UI dan masyarakat," tambahnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x