Warga Bandung Kini Bisa Urus KTP dan SIM Bisa Lewat GoSend

- 12 April 2021, 18:29 WIB
Warga Bandung Kini Bisa Urus KTP dan SIM Bisa Lewat GoSend.
Warga Bandung Kini Bisa Urus KTP dan SIM Bisa Lewat GoSend. /Dok. Gojek/


GALAMEDIA - Warga Bandung kini tidak perlu repot mengurus dokumen yang terkait dengan kependudukan, pencatatan sipil, dan  Surat Izin Mengemudi (SIM), karena sekarang dapat memanfaatkan layanan pengiriman barang on-demand GoSend dari Gojek, untuk mengantar serta menjemput dokumen yang dibutuhkan tanpa para warga harus mengantri di kantor Disdukcapil serta Polrestabes Bandung.

Melalui kerja sama strategis ini, dapat mengurangi kerumunan, kontak langsung, dan mobilitas warga di tengah masa pandemi Covid-19.

District Head Bandung Gojek, Cut Emyra Fadhila mengatakan, hadirnya kolaborasi antara Gojek dengan Disdukcapil serta Polrestabes Bandung ini merupakan salah satu contoh bagaimana teknologi bisa menjadi solusi bagi warga Bandung untuk mengatasi kebutuhan pengurusan dokumen dengan layanan antar jemput GoSend.

Baca Juga: Jam Kerja ASN Pemkot Cimahi Berubah Selama Ramadan, Ngatiyana: Puasa Jangan Jadi Malas

Selain itu, kolaborasi ini tentu bisa mengurai antrian serta mempersingkat waktu tunggu di lokasi sehingga bisa membantu upaya menekan  penyebaran Covid-19.

"Warga yang ingin mengurus e-KTP atau Kartu Identitas Anak (KIA) cukup mendaftar lewat aplikasi Salaman (Selesai Dalam Genggaman) Disdukcapil kota Bandung," ujar Emyra.

Setelah mengisi persyaratan di aplikasi tersebut, lanjut Emyra, warga akan mendapatkan notifikasi serta konfirmasi dari pihak Disdukcapil via SMS.  Warga kemudian tinggal memesan layanan GoSend untuk mengambil dokumen oleh mitra Gojek langsung dari rumah.

Baca Juga: Warga Antusias Menyerbu Bazar Pangan Murah di Kota Cimahi

"Untuk menambah kemudahan bagi para pengguna, GoSend juga menyediakan pilihan gerai Dinas Dukcapil terdekat dari lokasi pemesan," jelasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung, H. Tatang Muhtar, S.Sos. M.Si, mengapresiasi kolaborasi yang dijalin dengan Gojek.

Menurut Tatang, kolaborasi ini merupakan salah satu pelengkap dari program Salaman yang diluncurkan oleh pihaknya.

"Tujuan dari hadirnya program ini adalah memberikan solusi pengurusan KTP dan juga KIA bagi masyarakat tanpa harus keluar dari rumah. Cukup mendaftar, menunggu konfirmasi dari Disdukcapil, dan setelah selesai cukup memesan GoSend untuk mengantar KTP atau KIA yang sudah selesai tersebut langsung ke depan rumah masing masing," terang Tatang.

Baca Juga: Memalukan! Intip 5 Kota Paling Tercemar di Asia, Indonesia juga Ada!

Tatang mengatakan, untuk gerai pengambilan e-KTP melalui GoSend ini hanya ada dua pilihan, yaitu Gerai Dukcspil di Metro Indah Mall (MIM) Jalan Soekarnohatta dan Gerai Festival Citylink di Jalan Peta, Kota Bandung.

"Jadi nanti warga tinggal memilih di aplikasi Salaman, untuk pengambilan di gerai mana. Untuk sementara, pelayanan difokuskan pengambilan e-KTP dan KIA dulu," ucapnya.

Sementara itu, warga yang telah melakukan pengurusan SIM di kantor Polrestabes kini tidak perlu datang dan mengambil langsung SIM yang baru. Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa proses pengurusan SIM telah selesai via SMS yang dikirimkan oleh pihak Polrestabes Bandung, warga cukup memesan layanan GoSend untuk mengambil SIM tersebut.

Baca Juga: Sambut Ramadan, DDII Luncurkan Program 24 Jam Meraih Berkah Bersama Dewan Da'wah

Untuk memastikan keamanan, kerahasian, dan ketepatan dokumen, pihak Dinas Dukcapil Bandung dan Polrestabes Bandung telah menyediakan jalur khusus drive thru untuk mitra GoSend. Pada jalur tersebut, petugas DukCapil akan mencatat nomor registrasi dan informasi mitra GoSend serta mencocokan nomor dokumen dan nomor order pengiriman.

Memastikan penerapan pembatasan jarak fisik, GoSend memiliki ojek juga menambahkan opsi pesan cepat tambahan di fitur chat antara konsumen dan mitra driver untuk opsi contactless delivery,  selain itu konsumen dapat melakukan  pembayaran tanpa uang tunai melalui GoPay.

Untuk menjaga keamanan dan kesehatan mitra maupun pelanggan selama pandemi, GoSend menerapkan prosedur operasional standar (SOP) khusus yang sejalan dengan prinsip Jaga Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan (J3K) Gojek.

Baca Juga: Link Streaming dan Bocoran Ikatan Cinta 12 April 2021: So Sweet! Aldebaran Limpahkan Kasih Sayang pada Reyna

Dalam SOP tersebut, para mitra GoSend wajib menggunakan atribut pendukung seperti masker dalam menjalankan tugas saat perjalanan maupun bertemu pelanggan, melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga jarak sedikitnya satu (1) meter dengan orang lain, serta selalu melakukan desinfeksi kendaraan dan atribut setelah selesai digunakan. Selain itu, mitra tidak diperbolehkan bertugas ketika suhu badan di atas normal atau sedang sakit.

Hal-hal tersebut dilakukan untuk membantu mitra driver bekerja dengan aman dan nyaman dalam melayani berbagai kebutuhan masyarakat.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x