Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya Kembali Bangun Tungku Pembakaran dan Pemilahan Sampah

- 13 April 2021, 11:55 WIB
 Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya bersama warga bangun tungku pembakaran sampah di sekitar pemakaman umum dekat bantaran Sungai Citarum Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.
Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya bersama warga bangun tungku pembakaran sampah di sekitar pemakaman umum dekat bantaran Sungai Citarum Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. /engkos kosasih

GALAMEDIA - Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya kembali membuat tungku pembakaran sampah sekaligus tempat pilah olah sampah di dekat jalan inspeksi Sungai Citarum Desa Majasetra Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Selasa 13 April 2021.

Pembuatan tungku pembakaran sampah itu setelah sebelumnya melewati proses pilah pilih olah sampah. Sampah yang dibakar di tungku pembakaran sampah itu adalah yang tidak bisa didaur ulang, sedangkan sampah yang bisa didaur ulang seperti sampah bekas air mineral, kardus dan sampah yang memiliki nilai ekonomis dikumpulkan dan dijual kepada para penampung.

Komandan Sektor 4/Majalaya Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Mulyono HS., menuturkan pembangunan tungku pembakaran sampah berikut dengan pembangunan tempat pilah pilih olah sampah itu merupakan inisiatif dari Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya untuk membantu rakyat sekitar.

"Dalam proses pembuatan tungku pun dilaksanakan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 4/Majalaya bersama rakyat atau masyarakat, selain dibantu Gober sebagai mitra kerja Satgas," katanya.

Baca Juga: Recoki Keppres Jokowi Soal Tagih Aset BLBI, Eks Jubir KPK Febri Diansyah Disebut Munafik

Menurutnya, pembangunan tungku pembakaran sampah ini dalam upaya membantu rakyat dalam proses pengelolaan sampah rumah tangga yang dihasilkan masing-masing keluarga di sekitar tungku pembakaran sampah tersebut.

Dikatakannya, pengelolaan sampah rumah tangga menjadi salah satu program prioritas Satgas Citarum Harum, selain pengendalian pencemaran lingkungan Sungai Citarum yang disebabkan limbah cair pabrik tekstil.

"Termasuk limbah domestik menjadi perhatian Satgas Citarum Harum dalam upaya mensosialisasikannya kepada masyarakat. Satgas Citarum Harum juga fokus pada gerakan penghijauan di daerah aliran Sungai Citarum dalam upaya mengurangi lahan kritis," katanya.

Ia mengatakan, berbagai kegiatan yang dilaksanakan Satgas Citarum Harum itu untuk membantu masyarakat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan

.

"Makanya, kita dari Satgas Citarum Harum dalam beberapa kali kesempatan menemui sejumlah warga di masing-masing desa di Kecamatan Majalaya. Dalam pertemuan itu, kita mengajak dan mengedukasi warga untuk sama-sama peduli dalam melestarikan lingkungan sekitar," pungkasnya. ***

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x