Bandingkan SBY dengan Kediktatoran Soeharto, Dosen IISIP Sentil Eks Jubir PSI: Mana Tahu yang Beginian

- 14 April 2021, 14:32 WIB
Kolase Presiden Soeharto dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Kolase Presiden Soeharto dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. /Kolase Instagram @jejaksoeharto/pikiran-rakyat.com/

GALAMEDIA – Dosen Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP), Cipta Panca Laksana mengaku geram dengan pernyataan yang dilontarkan eks Juru Bicara (Jubir) PSI, Dedek Prayudi.

Panca menyebut bahwa pernyataan tersebut terkesan membanding-bandingkan Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden kedua Indonesia, Soeharto.

Menurutnya, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) itu memang hak sang pencipta logo Partai Demokrat yakni SBY, sedangkan hak menggunakan itu berlaku untuk seluruh kader Partai Demokrat.

Panca pun menyebut pria yang kerap disapa Uki tersebut terkesan seperti tidak memiliki pengalaman berkecimpung di partai politik.

“Hak Atas Kekayaan Intelektual itu memang milik si Pencipta. Sedang hak menggunakan bisa siap saja. Dalam hal logo Partai Demokrat, si Pencipta adalah Pak SBY, sedangkan Partai Demokrat diberi hak untuk menggunakan. Si Uki mana tahu yang beginian,” tulis Panca yang dikutip Galamedia dari akun Twitter pribadinya, @panca66, Rabu 14 April 2021.

Ternyata, cuitan tersebut menuai beragam komentar dari warganet dan tentunya komentar mendapat respon langsung dari Panca.

“Yang berhak mendaftarkan sbh Hasil Karya Intelektual ya hny si Pencipta. Kalau Pemegang Hak Cipta bersedia mengidzinkan Ciptaannya utk digunakan oleh Pihak lain, itu hak si Pencipta. Seperti Pemilik Hak Cipta sebuah lagu yang mengidzinkan Perusahaan Rekaman untuk menggandakan,” tulis pemilik akun @IndonesiaAdil2.

Baca Juga: Dewan Apresiasi Kebijakan Pemerintah Pusat THR Dari Pengusaha Kepada Pekerja Dibayar 100 Persen

“Persis. Mungkin karena belum terbiasa aja soal hak cipta parpol sampai si Uki membandingkannya dengan kediktatoran pak Harto. Kejauhan itu. Pak SBY orang yang tertib hukum. Makanya dia daftarkan ciptaannya. Biasa saja sebetulnya,” balas Panca atas komentar dari pemilik akun @IndonesiaAdil2.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x