Gunung Sinabung Kembali Erupsi dan Timbulkan Hujan Abu Disekitaran Lereng Gunung dengan Status Siaga

- 15 April 2021, 17:24 WIB
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Kamis kembali meluncurkan awan panas sejauh 2.000 meter ke arah Timur-Tenggara.
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Kamis kembali meluncurkan awan panas sejauh 2.000 meter ke arah Timur-Tenggara. /ANTARA/HO

GALAMEDIA - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, pada Kamis 15 April 2021 kembali erupsi dan menyemburkan abu vulkanik dengan tinggi kolom 1.500 meter dari atas puncak gunung.

Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan semburan abu yang berwarna kelabu dibawa angin ke arah barat dan barat laut.

Gunung Sinabung pada Kamis mengalami erupsi dengan amplitudo 30 mm selama tiga menit tiga detik, status aktivitas vulkaniknya berada pada Level III (Siaga).

Baca Juga: Polemik Vaksin Nusantara, Dr Tirta : Kalian Gak Takut Silahkan, Gue Patuh Sama BPOM dan Kaidah Penelitian!

Dalam kondisi itu, warga direkomendasikan tidak melakukan kegiatan di desa-desa yang sudah direlokasi serta area dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung, radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan radius empat kilometer untuk sektor timur-utara.

Saat terjadi hujan abu, warga diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk menghindari dampak abu vulkanis terhadap kesehatan serta mengamankan sumber air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu.

Baca Juga: Dana Desa Terhambat Pencairan dan Dikeluhkan para Kepala Desa, Pj. Bupati : Mudah-mudahan DD segera Cair

"Masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," kata Armen.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X