Jokowi Telah Permalukan Soekarno, Refly Harun: Paradoks, Jokowi Melenceng dari Amanat Trisakti!

- 17 April 2021, 13:57 WIB
Jokowi Telah Permalukan Soekarno, Refly Harun: Paradoks, Jokowi Melenceng dari Amanat Trisakti!
Jokowi Telah Permalukan Soekarno, Refly Harun: Paradoks, Jokowi Melenceng dari Amanat Trisakti! //YouTube Refly Harun

GALAMEDIA - Belakangan muncul sebuah analisis dari analis sial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilan Badrun yang menyebut rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mempermalukan Soekarno selaku pendiri bangsa lantaran pengelolaan negara yang dibangun dengan utang.

Menanggapi itu, pakar hukum tata negara Refly Harun turut angkat bicara terkait apa yang diungkapkan oleh Ubedilah Badrun sebelumnya.

Melalui tayangan video dalam saluran YouTube miliknya Refly Harun, ia mengungkapkan bahwa yang tengah terjadi saat ini adalah seperti paradoks.

"Seperti yang ditulis oleh Jimly Asshidiqqie dalam disertasinya, dia melihat paradoksnya seperti ini, dia menilai bagaimana konstitusi kita mengatur ekonomi dan politik, lalu ketika gerak berjalan ternyata berada pada different direction," ujarnya dikutip Galamedia Sabtu, 17 April 2021.

Baca Juga: Bocoran Buku Harian Seorang Istri 17 April 2021: Akhirnya Nana Ditemukan Dewa, Kevin Gagal Lagi

Yang dimaksud different direction kata Refly, politik semakin otoriter, sementara ekonomi semakin liberal. Sehingga kata dia, peran negara dalam politik sangatlah dominan tetapi ekonomi ekonomi berkembang menuju ekonomi liberal.

"Nah ini paradoks pada orde baru, jadi direction-nya itu berbeda, satu ke arah otoriter, satu ke arah liberal," ujarnya.

Lebih lanjut Refly mempertanyakan apakah betul seorang Presiden Jokowi dan pendukungnya berideologi Soekarno.

Ia mengungkapkan bahwa Soekarno adalah sosok pemimpin yang sangat anti terhadap bantuan utang, sebaliknya, hal itu tidak terjadi pada Presiden Jokowi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x