BMKG : Kurun Waktu Januari - April 2021 Kepulauan Nias Sumatera Utara 61 Diguncang Getaran Gempa Bumi

- 21 April 2021, 14:35 WIB
Gempa Nias Barat SUMUT/Twitter.com/@infoBMKG
Gempa Nias Barat SUMUT/Twitter.com/@infoBMKG /

GALAMEDIA - Berdasarkan hasil analisa Pusat Gempa Regional BMKG Wilayah I Medan, dalam kurun waktu Januari hingga 21 April 2021 terjadi 61 getaran gempa bumi di Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Peneliti Pusat Gempa Regional (PGR) BMKG Wilayah 1 Medan Marzuki Sinambela di Medan, Rabu, 21 April 2021, mengatakan gempa yang terjadi di Kepulauan Nias sepanjang Januari hingga 21 April tersebut, bersumber dari aktivitas seismik di zona megathrust dan zona outer rise.

Pada zona megathrust terdapat 54 kejadian dengan variasi kekuatan gempa bervariasi dan gempa bumi pada zona outer rise terdapat 7 kejadian.

"Gempa pada 19 April 2021 dengan magnitudo 6,4 terjadi di zona outer-rise tidak berpotensi tsunami. Zona outer rise merupakan zona gempa yang sering terabaikan dan kurang populer dibanding zona megathrust dan gempa ini terjadi di luar zona subduksi," katanya.

Baca Juga: Prabowo Ditendang dari Istana dan Karirnya Habis di Tangan Jokowi? Cek Faktanya

Sementara staf analisis Pusat Gempa bumi Regional (PGR) I, Resa Idha mengatakan terakhir gempa bumi di Nias terjadi pada 21 April 2021 dengan Magnitudo 3,7 pada pukul 12:39:45 WIB.

Lokasi gempa bumi berada di 0.35 LU, 97.17 BT, 75 km barat daya Nias Selatan, dengan kedalaman dangkal 22 km dan sumber gempa di outer rise.

Ia menyebutkan pentingnya pemahaman tentang informasi gempa bumi dan potensi tsunami karena akan mengedukasi masyarakat dalam mengurangi dampak dan kerusakan.

Baca Juga: Duga Komunisme akan Bangkit, Tokoh Papua Christ Wamea Beberkan Pertanda Ini

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X