Dinsos P2KBP3A Kota Cimahi menggelar layanan Keluarga Berencana di Pasar Atas Baru

- 21 April 2021, 18:47 WIB
Seorang warga sedang konsultasi layanan KB Gratis di Pasar Atas Baru Jalan Kolonel Masturi, Rabu, 21 April 2021.
Seorang warga sedang konsultasi layanan KB Gratis di Pasar Atas Baru Jalan Kolonel Masturi, Rabu, 21 April 2021. /laksmi sri sundari/galamedia news/

GALAMEDIA - Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P2KBP3A) Kota Cimahi menggelar layanan Keluarga Berencana (KB) di Pasar Atas Baru Jalan Kolonel Masturi, Rabu (21 Apirl 2021).

Kegiatan ini sengaja digelar untuk memperingati Hari Kartini tahun 2021.

Kegiatan digelar bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Cimahi, serta jajaran Puskesmas se-Kota Cimahi. Masyarakat terlihat antusias dengan layanan tersebut, apalagi diberikan secara gratis.

Seperti diungkapkan Widya (22), warga RT 2/RW 7 Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah. "Dapat info dari Pak RT ada kegiatan layanan KB gratis, jadi langsung minat untuk pasang IUD," ujarnya.

Baca Juga: BPBD Kabupaten Bandung: Longsor di Kawasan PLTA Plengan Harus Segera Ditangani

Warga yang memilih KB jenis IUD dan implant menjalani pelayanan di Puskesmas Cimahi Tengah, bagi mereka yang memilih KB suntik dan pil langsung diberikan di lokasi pasar.

Menurut Widya, dirinya memilih ber-KB setelah memiliki 3 orang anak. "Buat kesehatan penting, kalau terlalu banyak anak kita bisa lebih capek dan anak kurang terurus nantinya. Ngurus anak kan enggak gampang apalagi masih kecil-kecil," ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) KB DinsosP2KBP3A Kota Cimahi Sri Murniati mengatakan, pelayanan KB dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2021, khusus untuk kaum perempuan. "Digelar serentak di pasar tradisional. Sasarannya kaum perempuan yang berkunjung ke pasar maupun para pedagang pasar. Kami juga sudah sosialisasi ke kader di wilayah untuk menyampaikan informasi layanan ke masyarakat, jadi semua bisa datang untuk mendapat layanan KB," ujarnya.

Baca Juga: Gandeng Kemenkeu, Pemkot Cimahi Optimalisasi Pemungutan Pajak

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x