Hari Ini Jawa dan Sumetara Berpotensi Dilanda Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

- 22 April 2021, 10:26 WIB
Ilustrasi angin kencang dan hujan.  BMKG memprakirakan hari ini Jawa dan Sumetara berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang.
Ilustrasi angin kencang dan hujan. BMKG memprakirakan hari ini Jawa dan Sumetara berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang. /Pixabay/David Mark

GALAMEDIA - Sebagian wilayah Jawa dan Sumatera hari ini diprakirakan berpotensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

Dikutip dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Taifun Surigae yang terpantau di Samudera Pasifik timur Filipina bergerak ke arah barat laut.

Hal itu secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi memanjang dari Kalimantan bagian utara, Laut Sulawesi, perairan Maluku Utara hingga Samudera Pasifik di utara Papua Barat.

Baca Juga: Zaskia Adya Mecca Keluhkan Cara Bangunkan Sahur Gunakan Toa Masjid yang Dinilai Tak Etis, Cederai Toleransi

Selain itu, terbentuk juga daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah hingga pesisir timur Kalimantan Utara.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan barat Sumatera Utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan Aceh hingga pesisir timur Sumatera Utara.

Semua kondisi itu meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di sejumlah daerah mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung untuk wilayah Sumatera.

Baca Juga: Kronologi Hingga Aksi yang Dilakukan Tim Saat Pencarian Kapal Selam Nanggala 402

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Selain itu wilayah Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua Barat juga berisiko mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x