Anies Baswedan Tiba-tiba Disebut dalam Polemik Raibnya KH Hasyim Asy'ari dari Kamus Sejarah Indonesia

- 22 April 2021, 17:10 WIB
Anies Baswedan Tiba-tiba Disebut dalam Polemik Raibnya KH Hasyim Asy'ari dari Kamus Sejarah Indonesia.
Anies Baswedan Tiba-tiba Disebut dalam Polemik Raibnya KH Hasyim Asy'ari dari Kamus Sejarah Indonesia. /kebudayaanindonesia.net

GALAMEDIA - Polemik yang terjadi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih pergulir hingga hari ini.

Kritik terus berdatangan menyusul hilangnya nama pendiri NU KH Hasyim Asy'ari dari Kamus Sejarah Indonesia Jilid I yang diterbitkan Kemendikbud.

Seiring polemik yang terus bergulir, kini banyak pihak menyoroti sosok Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Hilmar Farid yang baru-baru ini diketahui ada kecenderungan diduga ingin membelokkan sejarah.

Anggapan itu seperti yang dilontarkan oleh anggota DPR RI dari Partai Gerindra Fadli Zon yang menilai bahwa Hilmar Farid berusaha membelokkan sejarah PKI di Indonesia.

"Dlm soal PKI, Dirjen Kebudayaan ini jelas bela sejarah versi PKI, menyalahkan Orde Baru n TNI. Tak akui PKI lakukan kudeta, malah PKI sbg korban. Ia tdk sebut G30S/PKI tp G30S saja. Ia cb menepis penyiksaan thd para Jenderal di Lubang Buaya dg hasil visum. Ia mau belokkan sejarah," demikian kata Fadli Zon dalam akun Twitternya @fadlizon dikutip Galamedia Kamis, 22 April 2021.

Baca Juga: Pemkot Cimahi Gelar Bazar Ramadan, Ngatiyana: Jauh Lebih Murah dari Harga Pasaran

Bukan tanpa alasan, pernyataan itu menyusul beredarnya sebuah video lawas dimana Hilmar Farid yang kini menjabat Dirjen kebudayaan dalam suatu wawancara ada kecenderuangan membela PKI dan menyalahkan rezim orde baru.

"Basis keberadaan ya, basis legitimasi orde baru ya itu memang sejarah ya, jadi dasarnya dia berdiri itu karena melakukan manipulasi sejarah. Dimulai tentunya dengan Gerakan G30S yang ceritanya dikonstruksi sedemikian rupa," demikian petikan ungkapan Hilmar dalam video tersbut.

Namun, di tengah Hilmar yang kini jadi sorotan, nama eks Mendikbud Anies Baswedan justru ikut disbeut. Pasalnya, pengangkatan Hilmar Farid dilakukan oleh Anies Baswedan semasa menjabat sebagai Mendibud.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x