Lakukan Dishcarge Well Sumur Wayang Windu, Masyarakat Pangalengan Diminta Tetap Tenang dan Tak Perlu Khawatir

- 22 April 2021, 17:30 WIB
Lakukan Dishcarge Well Sumur Wayang Windu, Masyarakat Pangalengan Diminta Tetap Tenang dan Tak Perlu Khawatir
Lakukan Dishcarge Well Sumur Wayang Windu, Masyarakat Pangalengan Diminta Tetap Tenang dan Tak Perlu Khawatir /Kiki Kurnia

GALAMEDIA - Masyarakat yang tinggal dikawasan sumur panas bumi Star Energy (Wayang Windu) Limited di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan tidak perlu khawatir dan resah dengan suara gemuruh yang terjadi.

Sebelumnya masyarakat Pangalengan sempat dikagetkan dengan suara gemuruh pada Selasa, 19 April 2021.

Menurut salah seorang tim uji sumur Star Energy (Wayang Windu) Limited, Rian Mafriansah suara gemuruh berasal dari kegiatan discharge well (Uji Sumur) MBE#7 yang dimula pada Selasa 19 April hingga 29 April 2021.

"Kebetulan pada saat itu arah angin mengarah ke Kota Pangalengan dan diwaktu bersamaan di Kota Pangalengan terjadi hujan san petir, sehingga suara gemeruh sangat terdengar keras," ujar Rian kepada wartawan disela pengarahan uji sumur Wayang Windu, Pangalengan, Kamis 22 April 2021.

Baca Juga: Anies Baswedan Tiba-tiba Disebut dalam Polemik Raibnya KH Hasyim Asy'ari dari Kamus Sejarah Indonesia

Namun lanjut Rian, suara gemuruh itu tidak berlangsung lama karena sangat bergantung pada arah angin dan kelembapan udara. Pasalnya, kelembapan udara sangat mempengaruhi proses percepatan gelombang suara.

"Hingga kini tidak ada dampak kerusakan yang ditimbulkan. Dan masyarakat diimbau tetap tenang tidak terpengaruh oleh hoaks seputaran hal tersebut," katanya.

Rian menjelaskan discharge well adalah kegiatan mengalirkan fluida uap/air dari lubang sumur ke separator (alat berupa seperti cerobong yang berfungsi untuk memisahkan uap dengan air/kotoran yang ditempatkan di lokasi dekat sumur) yang terdapat di lokasi sumur yang ada.

"Tujuannya adalah untuk membersihkan sumur dari kotoran-kotoran yang diperkirakan terdapat pada lubang sumur/formasi dan atau untuk mengetahui berapa besar aliran fluida yang dihasilkan dari suatu sumur setelah dilakukan kegiatan pengeboran atau perawatan sumur lainnya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X