Pandemi, Serangan Siber ke Pemda Provinsi Jabar Capai 10 Juta Upaya, Diskominfo Jabar Dorong Ketahanan Siber

- 22 April 2021, 19:12 WIB
Kadiskominfo Jabar, Setiadji.
Kadiskominfo Jabar, Setiadji. /

GALAMEDIA - Selama 2020 serangan siber ke Pemda Provinsi Jawa Barat tercatat 10 juta serangan. Serangan meningkat siginifikan selama pandemi COVID-19.

Guna mengantisipasi, pemerintah kabupaten/kota perlu membangun kesadaran dan ketahanan siber dalam menjaga sistem jaringan IT dari serangan siber. Sehingga tidak ada data- data penting yang dirusak atau dicuri untuk kepentingan para peretas.

Dalam membangun kesadaran itu, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat menggelar Webinar Sandikami Mania Series#11 dari Kota Bandung pada Kamis 22 April 2021.

Baca Juga: Link Streaming Ikatan Cinta 22 April 2021: Al Nekat Bawa Pergi Reyna, Elsa Depresi Berat

Webinar diinisiasi Bidang Persandian dan Keamanan Informasi mengambil tema “Building Awareness by Collaborating Among Stakeholders of Cyber Incident Response and Management in the Regional Government.

Hadir dalam webinar diskominfo kabupaten/kota se-Jawa Barat, diskominfo dan CSIRT provinsi se-Indonesia, perangkat daerah Pemda Provinsi Jabar, dan stakeholders non pemerintah seperti akademisi dan komunitas siber.

Kepala Diskominfo Jabar Setiaji mengungkap di akhir 2020 tercatat jumlah serangan siber ke Pemda Provinsi Jawa Barat meningkat cukup signifikan. “Selama tahun 2020 hampir 10 juta serangan yang masuk,” ungkapnya.

Baca Juga: Blak-blakan Perihal Hubungannya dengan Amanda Manopo, Billy Syahputra Akui Kesal Akunnya Diblokir

Peningkatan kesadaran keamanan siber di tubuh pemerintah daerah penting seiring tren serangan siber yang meningkat selama masa pandemi.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x